Tuesday, February 28, 2017

Ilmu Tauhid

 
Adalah ilmu yang membahas tentang ketetapan - ketetapan keyakinan keagamaan yang disertai dalil – dalil tentang kepercayaan. Melalui naas Alqur’an untuk mengetahui perintah Allah supaya memperoleh keberuntungan dan kebahagiaan abadi. Hukum mempelajari ilmu tauhid Fardhu ‘ain bagi setiap mukallaf baik laki* atau perempuan. Mukallaf itu baligh,berakal & sehat indrawi baik pendengaran dan penglihatan.
A.      Ruang Lingkup Tauhid
1.  Tauhid Ilahiyah yaitu bagian ilmu tauhid yang membahas masalah ketuhanan. Terdiri dari :
a.   Tauhid Uluhiyah yaitu membahas tentang keEsaan Allah dalam dzat – Nya tidak terdiri dari beberapa unsur.
b.  Tauhid Rububiyah yaitu pembahasan tentang Allah sebagai arrabu, yaitu Esa dalam penciptaan, pemeliharaan dan pengaturan semua makhluk – Nya
c.   Tauhid dzat, sifat – sifat dan nama – nama Nya yaitu pembahasan tentang sifat – sifat dan nama – nama Allah.
2.  Tauhid nubbuwah yaitu bagian ilmu tauhid yang   membahas masalah knabian, kedudukan dan peranan serta sifat dan keistimewaan.
3.  Tauhid sam’iyyat yaitu bagian ilmu tauhid yang membahas masalah   yang   didengar   dari   dalil   –   dalil   naqli  seperti datangnya hari kiamat.

B. Manfaat Ilmu Tauhid
Bidang I’tiqodiyah
a)      Memberikan dasar dan landasan mental yang kuat bagi keimanan seseorang muslim terhadap ke Esaan Allah sebagai satu – satu nya pencipta alam (Tauhid Rububiyah) dan satu – satunya sesembahan (Tauhid Uluhiyah)
b)      Memberi penerangan yang bersifat dakwah terhadap orang – orang non muslim untuk diajak beriman secara tauhid
Bidang Ijtihad
a)  Menjelaskan objek ilmu tauhid secara ilmiah, dengan berdasarkan dalil naqli yang shahih dan dikuatkan oleh dari aqli yang tidak bertentangan dari ajaran islam
b) Melengkapi dasar–dasar ilmiah bg keimanan orang–orang islam
c)  Sebagai falsafah hidup kaum muslimin dlam menjalani kehidupan

C.  Nama – nama Ilmu Tauhid
a.       Ilmu ushuluddin karena membahas pokok – pokok agama
b.       Ilmu tauhid karena membahas keEsaan Allah
c.       Al Fiqh Al Akbar didalamnya membahas hal – hal yang berkaitan dengan istilah keyakinan atau pokok – pokok agama

d.       Teknologi Islam merupakan disiplin ilmu yang berbicara tentang kebenaran wahyu serta independensi filsafat dan ilmu pengetahuan.

No comments:

Post a Comment