A.
Definisi Pembelajaran
Pembelajaran adalah Setiap upaya yang sistematik dan disengaja oleh
pendidik untuk menciptakan kondisi-kondisi agar peserta didik melakukan
kegiatan belajar (Sujana). Atau Proses interaksi peserta didik dengan pendidik
atau sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. ( UU Diknas ). Sedangkan
Pendekatan Pembelajaran Adalah cara yang di tempuh oleh guru dan siswa dalam
mencapai tujuan instruksional untuk suatu satuan instruksional tertentu.
Pendekatan pembelajaran berfungsi sebagai penjelas untuk mempermudah bagi para
guru memberikan pelayanan belajar dan juga mempermudah bagi siswa untuk
memahami materi ajar yang disampaikan oleh guru, dengan memelihara suasana
pembelajaran yang menyenangkan. Klasifikasi pendekatan pembelajaran berdasarkan
subjek dan objek :
a. Pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centred approaches)
b. Pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centred approaches)
B.
Teacher-centred approaches
Burrowes (2003) menyampaikan bahwa pembelajaran berfokus pada guru
menekankan pada resitasi konten, tanpa memberikan waktu yang cukup kepada siswa
untuk merefleksi materi-materi yang dipresentasikan, menghubungkannya dengan
pengetahuan sebelumnya, atau mengaplikasikannya kepada situasi kehidupan nyata.
Penyelenggaraan pembelajaran berfokus pada guru lebih menekankan kepada tujuan
pembelajaran berupa penambahan pengetahuan, sehingga belajar dilihat sebagai
proses “meniru” dan siswa dituntut untuk dapat mengungkapkan kembali
pengetahuan yang sudah dipelajari melalui kuis atau tes terstandar.
C.
Student-centred approaches
Menurut Hall (2006) SCL adalah tentang membantu siswa menemukan
gaya belajarnya sendiri, memahami motivasi dan menguasai keterampilan belajar
yang paling sesuai bagi mereka. Melaksanakan pendekatan SCL berarti guru perlu
membantu siswa untuk menentukan tujuan yang dapat dicapai, mendorong siswa
untuk dapat menilai hasil belajarnya sendiri, membantu mereka untuk bekerja
sama dalam kelompok, dan memastikan agar mereka mengetahui bagaimana
memanfaatkan semua sumber belajar yang tersedia. Guru lebih berperan sebagai
fasilitator yang mendorong perkembangan siswa, dan bukan merupakan satu-satunya
sumber belajar.
No comments:
Post a Comment