Teknik dan
Instrumen Penilaian
Kompetensi
|
Teknik
|
Proses
|
Hasil
|
Sikap
|
Observasi (langsung atau tidak langsung)
|
v
|
v
|
Penilaian Diri
|
v
|
||
Penilaian teman sejawat
|
v
|
||
Jurnal
|
v
|
||
Pengetahuan
|
Tes Tulis
|
v
|
|
Tes Lisan
|
v
|
||
Penugasan
|
v
|
v
|
|
Ketrampilan
|
Tes Praktik
|
v
|
v
|
Projek
|
v
|
v
|
|
Portofolio
|
v
|
v
|
Penilaian kompetensi sikap
Teknik dan Instrumen Penilaian
Teknik dan Instrumen Penilaian
Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Sikap
|
Observasi (langsung atau tidak langsung)
|
Pedoman observasi
Daftar cek dan skala penilaian
disertai rubrik
|
Penilaian Diri
|
Lembar Penilaian Diri
|
|
Penilaian Antarpeserta didik
|
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
|
|
Jurnal
|
Lembar Jurnal
|
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini
diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek
(v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta
Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal
Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah
menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
4
|
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan
terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
||||
5
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat
mempelajari ilmu pengetahuan
|
||||
Jumlah Skor
|
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta
Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi Pokok : ………………….
Tanggal : ………………….
PETUNJUK
•
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom
dengan teliti
•
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai
dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan
|
||||
2
|
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan
sumbernya pada saat mengerjakan tugas
|
||||
3
|
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan
barang
|
||||
4
|
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan
|
||||
5
|
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban
teman yang lain
|
Keterangan :
•
SL = Selalu
, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
•
SR = Sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
•
KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
•
TP =
Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin
Petunjuk :
Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta
Didik yang dinilai : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal
Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
||||
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||||
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
||||
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
||||
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
5
|
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
|
||||
Jumlah Skor
|
C
Petunjuk
Penskoran :
Skor akhir
menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor
diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta
didik memperoleh nilai :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3.33
< skor < 4.00
Baik : apabila memperoleh
skor : 2.33 < skor < 3.33
Cukup : apabila memperoleh
skor : 1.33 < skor < 2.33
Kurang : apabila memperoleh skor
: skor < 1.33
Jurnal
Nama
: ……………….
Kelas : ……………….
Hari, Tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan
|
Lembar
Pengamatan Sikap
Kelas : …………………
Hari,
Tanggal : …………………
Materi
Pokok : …………………
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Keterangan
|
||||||
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Toleransi
|
Gotong Royong
|
Santun
|
Percaya Diri
|
|||
Contoh
Pengolahan Rapor
Sikap
|
Skor Akhir
|
Rata-Rata
|
Nilai Akhir
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
Jujur
|
3.2
|
2.4
|
3.7
|
3.5
|
3
|
2.78
|
2.5
|
2.33
|
3.4
|
3.1
|
2.9
|
B
|
Disiplin
|
3.4
|
3.2
|
3.1
|
3.5
|
3.4
|
3.4
|
3.0
|
3.5
|
2.9
|
3.0
|
3.24
|
B+
|
Percaya Diri
|
1.7
|
2.9
|
2.3
|
2.4
|
3.5
|
1.4
|
3.5
|
1.5
|
3.6
|
2.1
|
2.5
|
B-
|
Skor Akhir
|
2.88
|
B
|
Deskresi
Catatan :
Menunjukkan
sikap baik dalam kejujuran, kedisiplinan, dan percaya diri.
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
Teknik dan Instrumen Penilaian
Teknik dan Instrumen Penilaian
Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Pengetahuan
|
Tes Tulis
|
PG, Isian, Jawaban singkat, menjodohkan, benar
salah, uraian
|
Tes Lisan
|
Daftar pertanyaan
|
|
Penugasan
|
Lembar penugasan (PR, kliping)
|
Contoh
Pengolahan Nilai Rapor
KD
|
Skor
|
Skor Akhir
|
||
Tes
|
Penugasan
|
Skala 1 -
100
|
Skala 1 -
4
|
|
3.1
|
84
|
90
|
87
|
3.48
|
3.2
|
76
|
84
|
80
|
3.20
|
3.3
|
80
|
70
|
75
|
3.00
|
3.4
|
84
|
87
|
85,5
|
3.42
|
Rata-Rata Skor Akhir
|
3.28
|
Cara
Konversi Skor ke skala 1 – 4
Deskripsi
Catatan :
Menguasai
semua kompetensi dengan baik terutama dalam memahami aspek ruang dan waktu
serta pengertian dinamika interaksi
manusia.
PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Teknik dan Instrumen Penilaian
Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
|
Keterampilan
|
Tes Praktik
|
Daftar cek, skala penilaian
|
Bermain peran, IPA, Shalat, Olah raga, Membaca,
Menyanyi
|
Projek
|
Daftar cek, skala penilaian
|
Bakti sosial, pentas seni, Penghijauan
|
|
Portofolio
|
Daftar cek, skala penilaian
|
Makalah, Piagam, Kumpulan Puisi, Laporan Penelitian
|
Contoh Lembar Pengamatan Bermain Peran
Kelas :
............................
Kegiatan :
Bermain peran
Tema :
Proklamasi Kemerdekaan
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Rata-Rata Nilai
|
||
Partisipasi
|
Penghayatan Peran
|
Kerjasama
|
||
|
||||
|
||||
|
Pedoman
Penskoran
Aspek Penilaian
|
Deskripsi
|
Nilai
|
Partisipasi
|
·
Keterlibatan dalam bermain peran
·
Peran dari tokoh yang diperankan
|
60 – 100
|
Penghayatan Peran
|
·
Penjiwaan terhadap tokoh
·
Kesesuaian kostum tokoh
·
Semangat bermain peran
|
60 – 100
|
Kerjasama
|
·
Membantu teman
·
Tenggang rasa dengan teman
|
60– 100
|
Contoh
Penilaian Projek
Kelompok : ……………………..
Kelas : ……………………...
Tema : Semangat dan komitmen pendiri
negara
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
A
|
Perencanaan :
1.
Kesesuaian Tema
2.
Pembagian Tugas
|
3.
apabila projek kurang sesuai tema
4.
apabila projek cukup sesuai tema
5.
apabila projek sudah sesuai tema
|
B
|
Pelaksanaan :
1.
Kerjasama
2.
Kesesuaian dengan rencana
3.
Partisipasi anggota
|
Masing-masing sub aspek menggunakan skala 1 - 3
|
C
|
Pelaporan :
1.
Estetika
2.
Bahasa
3.
Isi laporan
|
Masing-masing sub aspek menggunakan skala 1 - 3
|
Rata-Rata Skor
|
LEMBAR PENILAIAN GAGASAN KREATIF
Kelas : ............................
Nama : ............................
Topik : Energi Alternatif
No
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
Catatan
|
1
|
Kebermaknaan
Gagasan
|
||
2
|
Pemahaman
pengetahuan pendukung gagasan
|
||
3
|
Argumentasi
gagasan
|
||
4
|
Bahasa dan
Penulisan
|
||
5
|
Estetika (penjilidan, kerapihan, dll)
|
||
Jumlah Nilai
|
Pedoman
penskoran
5 = Sangat baik 3 = Cukup
4 = Baik 2 = Kurang
Pengolahan
Nilai Keterampilan
¢ Pengolahan nilai dapat menggunakan bobot yang sama atau berbeda untuk
teknik penilaian
¢ Rumus pengolahan nilai
Contoh
Pengolahan Nilai Rapor
KD
|
Skor
|
Skor Akhir
|
|||
Tes
Praktik
|
Projek
|
Portofolio
|
Skala 1 -
100
|
Skala 1 -
4
|
|
4.1
|
84
|
-
|
90
|
87
|
3.48
|
4.2
|
76
|
-
|
84
|
80
|
3.20
|
4.3
|
-
|
60
|
70
|
65
|
2.60
|
Rata-Rata Skor Akhir
|
3.09
|
Cara
Konversi ke skala 1 - 4
Deskripsi
Catatan :
Memiliki
kemampuan yang sangat baik dalam mengamati kebudayaan dan fikiran masyarakat
Indonesia, perlu ditingkatkan dalam mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk
dinamika interaksi manusia
No comments:
Post a Comment