Tuesday, February 21, 2017

Penilaian Proses dan Kompetensi secara utuh

Teknik dan Instrumen Penilaian
Kompetensi
Teknik
Proses
Hasil
Sikap
Observasi (langsung atau tidak langsung)
v
v
Penilaian Diri
v
Penilaian teman sejawat
v
Jurnal
v
Pengetahuan
Tes Tulis
v
Tes Lisan
v
Penugasan
v
v
Ketrampilan
Tes Praktik
v
v
Projek
v
v
Portofolio
v
v

Penilaian kompetensi sikap
Teknik dan Instrumen Penilaian
Kompetensi
Teknik
Bentuk Instrumen



Sikap
Observasi (langsung atau tidak langsung)
Pedoman observasi
Daftar cek dan skala penilaian
disertai rubrik
Penilaian Diri
Lembar Penilaian Diri
Penilaian Antarpeserta didik
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Jurnal
Lembar Jurnal

Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
        4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
        3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
               kadang-kadang tidak melakukan
        2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
               sering tidak melakukan
        1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik                        : ………………….
Kelas                                   : ………………….
Tanggal Pengamatan                       : …………………..
Materi Pokok                                  : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
Jumlah Skor

LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta Didik            :           ………………….
Kelas                                   :           ………………….
Materi Pokok                      :           ………………….
Tanggal                   :           ………………….
PETUNJUK
         Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
         Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan
2
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas
3
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang
4
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan
5
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain
Keterangan :
         SL = Selalu  , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
         SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
         KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
         TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
        4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
        3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
               kadang-kadang tidak melakukan
        2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
               sering tidak melakukan
        1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai    : ………………….
Kelas                                   : ………………….
Tanggal Pengamatan                       : …………………..
Materi Pokok                      : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Masuk kelas tepat waktu
2
Mengumpulkan tugas tepat waktu
3
Memakai seragam sesuai tata tertib
4
Mengerjakan tugas yang diberikan
5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
5
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
Jumlah Skor
C
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
                      
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
                                                      
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik            : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00
Baik                        : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33
Cukup                     : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33
Kurang                    : apabila memperoleh skor :  skor < 1.33

Jurnal
Nama                 : ……………….
Kelas        : ……………….
Hari, Tanggal
Kejadian
Keterangan

Lembar Pengamatan Sikap
Kelas                : …………………
Hari, Tanggal    : …………………
Materi Pokok    : …………………
No
Nama Siswa
Sikap
Keterangan
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Toleransi
Gotong Royong
Santun
Percaya Diri

Contoh Pengolahan Rapor
Sikap
Skor Akhir
Rata-Rata
Nilai Akhir
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Jujur
3.2
2.4
3.7
3.5
3
2.78
2.5
2.33
3.4
3.1
2.9
B
Disiplin
3.4
3.2
3.1
3.5
3.4
3.4
3.0
3.5
2.9
3.0
3.24
B+
Percaya Diri
1.7
2.9
2.3
2.4
3.5
1.4
3.5
1.5
3.6
2.1
2.5
B-
Skor Akhir
2.88
B
Deskresi Catatan :
Menunjukkan sikap baik dalam kejujuran, kedisiplinan, dan percaya diri.

Penilaian  Kompetensi Pengetahuan
Teknik dan Instrumen Penilaian
Kompetensi
Teknik
Bentuk Instrumen
Pengetahuan
Tes Tulis
PG, Isian, Jawaban singkat, menjodohkan, benar salah, uraian
Tes Lisan
Daftar pertanyaan
Penugasan
Lembar penugasan (PR, kliping)

Contoh Pengolahan Nilai Rapor
KD
Skor
Skor Akhir
Tes
Penugasan
Skala 1 - 100
Skala 1 - 4
3.1
84
90
87
3.48
3.2
76
84
80
3.20
3.3
80
70
75
3.00
3.4
84
87
85,5
3.42
Rata-Rata Skor Akhir
3.28

Cara Konversi Skor ke skala 1 – 4
                      

Deskripsi Catatan :
Menguasai semua kompetensi dengan baik terutama dalam memahami aspek ruang dan waktu serta pengertian dinamika interaksi  manusia.

PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN

Teknik dan Instrumen Penilaian
Kompetensi
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Keterampilan
Tes Praktik
Daftar cek, skala penilaian
Bermain peran, IPA, Shalat, Olah raga, Membaca, Menyanyi
Projek
Daftar cek, skala penilaian
Bakti sosial, pentas seni, Penghijauan
Portofolio
Daftar cek, skala penilaian
Makalah, Piagam, Kumpulan Puisi, Laporan Penelitian

                    Contoh Lembar Pengamatan Bermain Peran
Kelas                       : ............................
Kegiatan     : Bermain peran
Tema                       : Proklamasi Kemerdekaan
         
Nama
Aspek Penilaian
Rata-Rata Nilai
Partisipasi
Penghayatan Peran
Kerjasama




Pedoman Penskoran
Aspek Penilaian
Deskripsi
Nilai
Partisipasi
·         Keterlibatan dalam bermain peran
·         Peran dari tokoh yang diperankan
60 – 100
Penghayatan Peran
·         Penjiwaan terhadap tokoh
·         Kesesuaian kostum tokoh
·         Semangat bermain peran
60 – 100
Kerjasama
·         Membantu teman
·         Tenggang rasa dengan teman
60– 100

Contoh Penilaian Projek
Kelompok     : ……………………..
Kelas            : ……………………...
Tema           : Semangat dan komitmen pendiri negara
No
Aspek Penilaian
Skor
A
Perencanaan :
1.      Kesesuaian Tema
2.      Pembagian Tugas
3.      apabila projek kurang sesuai tema
4.      apabila projek cukup sesuai tema
5.      apabila projek sudah sesuai tema
B
Pelaksanaan :
1.      Kerjasama
2.      Kesesuaian dengan rencana
3.      Partisipasi anggota
Masing-masing sub aspek menggunakan skala 1 - 3
C
Pelaporan :
1.      Estetika
2.      Bahasa
3.      Isi laporan
Masing-masing sub aspek menggunakan skala 1 - 3
Rata-Rata Skor




LEMBAR PENILAIAN GAGASAN KREATIF
Kelas        : ............................
Nama       : ............................
Topik        : Energi Alternatif
No
Aspek Penilaian
Skor
Catatan
1
Kebermaknaan Gagasan
2
Pemahaman pengetahuan pendukung gagasan
3
Argumentasi gagasan
4
Bahasa dan Penulisan
5
Estetika (penjilidan, kerapihan, dll)
Jumlah Nilai

Pedoman penskoran
5 = Sangat baik       3 = Cukup
4 = Baik                  2 = Kurang

Pengolahan Nilai Keterampilan
¢  Pengolahan nilai dapat menggunakan bobot yang sama atau berbeda untuk teknik penilaian
¢  Rumus pengolahan nilai
                      

Contoh Pengolahan Nilai Rapor
KD
Skor
Skor Akhir
Tes Praktik
Projek
Portofolio
Skala 1 - 100
Skala 1 - 4
4.1
84
 -
90
87
3.48
4.2
76
 -
84
80
3.20
4.3
 -
 60
70
65
2.60
Rata-Rata Skor Akhir
3.09

Cara Konversi ke skala 1 - 4
                      

Deskripsi Catatan :
Memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengamati kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia, perlu ditingkatkan dalam mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia



No comments:

Post a Comment