Tuesday, February 14, 2017

Kumpulan soal - soal Psikologi pendidikan

1.       Di bawah ini termasuk konsep teori perkembangan kognitif dan bahasa Jean Piaget, kecuali....
a.       Akomodasi
b.       Scaffolding
c.        Asimilasi
d.       Skema
e.        Ekuilibrasi
2.       Siapakah pencetus teori konstruktivisme....
a.       Kohlberg
b.       Ericson
c.        Guthrie
d.       Pavlov
e.        Jean Piaget
3.       Pada tahap apakah anak mampu berfikir secara logis....
a.       Tahap operasional
b.       Tahap operasional formal
c.        Tahap operasional konkret
d.       Tahap pra operasional
e.        Tahap sensorimotor
4.       Teori Vygotsky lebih mengutamakan pada proses....
a.       Interaksi sosial dan budaya
b.       Interaksi sosial dan agama
c.        Interaksi sosial dan politik
d.       Interaksi sosial dan ekonomi
e.        Interaksi sosial dan lingkungan
5.       Tingkat pemecahan masalah yang dicapai anak yang bekerja sendiri disebut....
a.       ZPD
b.       Batas tengah
c.        Batas atas
d.       Batas bawah
e.        Scaffolding
6.       Di bawahini yang merupakan tahap psikososial Erikson masaremaja (10-20 tahun) adalah…
a.       Keintiman vs isolasi
b.       Otonomi vs malu dan ragu
c.        Integritas vs keputusasaan
d.       Identitas vs kebingunganidentitas
7.       Kohlberg 1984, mengatakanbahwaada 3 (tiga) kemungkinan hubungan antara sakit fisik dan sakit jiwa. Salah satu diantaranya adalah…
a.       Sakitfisik yang diderita itu bukan dari gejala gangguan jiwa
b.       Antara gangguan jiwa dan sehat fisik dapat saling menompang, artinya bahwa orang menderita sakit fisika akan menimbulkan gangguan jiwa, yang mana gangguan jiwa itu terus memperparah sakit fisiknya
c.        Fisik dan jiwa merupakan satu-kesatuan dalam eksistensi manusia
d.       Keadaan fisik manusia di pengaruhi jiwanya, sebaliknya keadaan jiwa dipengaruhi fiisiknya
8.       Menurut Kohlberg, Ketika manusia menjelang dan mulai memasuki fase perkembangan yuwana (usia 10-13 tahun) yang sudah dianggap moral sebagai kesepakatan tradisi social merupakan tingkat…
a.       Moralitas
b.       Moralitas pra konvensional
c.        Moralitas konvensional
d.       Moralitas pasca konvensional
9.       Erikson mempunyai hipotesis bahwa manusia melewati delapan tahap psikososial sepanjang hidup mereka. Pada masing-masing tahap terdapat krisis atau masalah-masalah penting yang harus diatasi. Salah satunya adalah tahap generativitas vs stagnasi, yang terjadi sekitar usia…
a.       Usia SD-remaja
b.       10-20 tahun
c.        20-30 tahun
d.       40an- 50an tahun
10.    Jadilah contoh perilaku prasosial, murid meniru apa yang dilakukan guru misalnya tindakan guru yang menghibur murid saat dia stress, kemungkinan akan ditiru oleh murid lainnya, ketika guru mengomeli semua murid sambil berteriak-teriak, mereka mungkin akan menirunya dengan meneriaki teman-temannya.Contoh tersebut merupakan implikasi dari teori…
a.       Kohlberg
b.       Erikson
c.        Gestalt
d.       Tolman
11.    Ivan Patrofich Pavlov adalah keilmuan yang lahir di Rusia pada tahun ?
a.       1839                              
b.       1829                              
c.        1849                              
d.       1879                              
e.        1889
12.    Ada  berapa unsur dalam wksperimen Ivan Petrovich Pavlov?
a.       3              
b.       5         
c.        4       
d.       6      
e.        7
13.    Apa yyang digunakan dalam eksperimen pavlov?
a.       Kucing  
b.       Anjing     
c.        Harimau   
d.       Tikus    
e.        Kera
14.    Apa yang digunakan dalam eksperimen guthrie?
a.       Kucing    
b.       Anjing 
c.        Tikus  
d.       Kera   
e.        Harimau
15.    Ada berapa metode dalam teori guthrie?
a.       3        
b.       4   
c.        5    
d.       6    
e.        7
16.    Di bawah ini yang merupakan salah satu prinsip belajar menurut teori Gestalt adalah .
a. Belajar dimulai dari bagian-bagiannya, kemudian barulah pada        keseluruhan
b.      Belajar dimulai dari suatu keseluruhan, kemudian baru menuju                               bagian-bagian
c.       Bagian-bagian memberi makna pada keseluruhan
d.      Belajar dari yang khusus ke yang umum
17.    Yang merupakan konsep teoritis utama Gestalt yaitu . . . . . .
a.      Vicarious Trial and Error
b.      Konfirmation versus Reinforcement
c.      Learning Versus Performance
d.      Field theory dan Hukum Pragnanz
18.    Tolman mengatakan bahwa tingkah laku manusia secara keseluruhan disebut tingkah laku . . . . . .
a.      Molar                                                c.        molekular
b.      moral                                                 d.        behavioris
19.    Tolman mengatakan bahwa dalam belajar, hal yang utama adalah proses interaksi yang berkesinambungan dengan lingkungan. Organisme yang sampai pada ekplorasi, akan menemukan bahwa peristiwa tertentu, akan menimbulkan peristiwa lain atau satu isyarat akan menghasilkan isyarat lain. Oleh karena itu, Tolman lebih dikenal sebagai ahli teori . . . . . .
a.      S-R                                                     c.        S-S
b.      R-S                                                     d.        S-R
20.    Diantara enam jenis belajar menurut Tolman adalah . . . . . .
a.      Cathexes                                           c.        behavioris
b.      Hukum Pragnanz                            d.        kognitif
21.    Apabila seseorang mengetahui banyak hal, mampu belajar cepat, serta berulang kali dapat memilih tindakan yang efektif dalam situasi yang rumit, maka dapat disimpulkan bahwa ia adalah
A.      Memori
B.      Bakat
C.      Intelegensi
D.      Motivasi
E.       Strategi
22.    Intelegensi adalah daya menyesuaikan diri dengan keadaan baru dengan mempergunakan alat-alat berfikir menurut tujuannya, pengertian tersebut adalah menurut..
A.       Edward Lee Thorndike
B.       William Stern
C.       Walgito
D.       Sternberg
E.        Louis Thurstone
23.    Kemampuan mengaktualisasi sesuatu yang bersifat transenden atau penyadaran akan nilai-nilai akidah-keimanan, keyakinan akan kebesaran Tuhan. Pengertian tersebut adalah pengrtian dari aspek...
A.      Linguistic Intelligense
B.      Spatial Intelligense
C.      Interpersonal Intelligense
D.      Natural intelligense
E.       Spiritual Intelegense
24.    Faktor- faktor yang mempengaruhi intelegensi adalah .. kecuali
A.      Faktor bawaan atau keturunan
B.      Faktor minat dan pembawaan yang khas
C.      Faktor kematangan
D.      Faktor usia
E.       Faktor kebebasan
25.    Kemampuan fisik seperti kekuatan fisik, kecepatan gerak, ketelitian dan ketepatan, koordinasi dan keluwesan anggota tubuh, pengertian diatas adalah pengertian bakat dari aspek..
A.         Perseptual
B.         Psikomotor
C.         Intelektual
D.         Intelegensi
E.         Interpersonal
26.    Individu yang memiliki ciri-ciri khusus di dalam perkembangannya yang berbeda dari perkembangan secara normal disebut . . . . . .
a.       Gifted/talented                                                             d. Autisme
b.       Down syndrome                                                          e. Students with special needs
c.        hyperactif                                                                    
27.    Pendekatan pendidikan yang dapat dilaksanakan dengan memberikan kesempatan kepada anak gifted dan talented untuk memilih topik yang sesuai minatnya . . . . . .
a.       Saintific change                                                           d. Akserelasi
b.       Enrichment                                                  e. Contextual learning
c.        Inattention
28.    Suatu kelainan yang membuat individu bersangkutan sulit untuk melakukan kegiatan belajar secara efektif . . . . . .
a.       Language difficulty                                    d. Learning disorder
b.       Indirect difficulty                                                        e. Learning destruction
c.        problem solving
29.    Dilihat dari sifat kesulitannya dibawah ini yang bukan termasuk macam kesulitan belajar adalah . . . . . .
a.       Sebagian bidang studi                                               d. Sementara
b.       Tidak permanen                                                          e. Permanen
c.        Menetap atau tetap
30.    Individu yang mengalami keterbelakangan mental tidak disebut juga dengan . . . . . .
a.       Mental retardation                                                      d. Tuna grahita
b.       Mental highly                                                              e. Disabilitas inteligensia
c.        Retardasi mental
31.    Manakah yang termasuk motivasi berdasarkan sumbernya ?
A.      motivasi ekstrinsik
B.      motivasi jasmaniah
C.      motivasi ruhaniah
D.      motivasi bawaan dan
E.       motivasi yang dipelajari

32.    Teori mana yang mengemukakan tentang konsep jiwa ?
A.      Teori kebutuhan dari Maslow
B.      Teori atribusi
C.      Teori motivasi hasil (product)
D.      Teori motivasi dari Murray
E.       Teori behavioral
33.    Yang bukan termasuk dari perspektif motivasi yaitu...
A.      Perspektif behavioral
B.      Perspektif  humanistis
C.      Perspektif kognitif
D.      Perspektif sosial
E.      Perspektif ruhaniah
34.    Tanamkan keyakinan positif kepada siswa tentang kemampuan yang dimilikinya sehingga siswa lebih semangat dalam belajar. Kalimat ini di kemukakan oleh siapa ?
A.      David C. Mc Clelland
B.      Mc Donald
C.      Eric Jensen
D.      Atkinson
E.       Emmer
35.    Pergunakan pujian verbal, melakukan hal yang luar biasa, dan merangsang hasrat anak didik. Ini termasuk penggolongan dari poin apa ?
A.      Implikasi adanya motivasi dalam pembelajaran
B.      Upaya meningkatkan motivasi belajar
C.      Perspektif motivasi
D.      Teori-teori motivasi
E.       Macam-macam motivasi
36.    Kemampuan untuk mencamkan, menyimpan, dan memproduksi kembali hal-hal yang pernah di ketahui merupakan pengertian dari ?
a.       Lupa
b.       Memori
c.        Strategi pembelajaran
d.       Organisasi
e.        Mental imagery
37.    Yang merupakan bagian dari struktur memori adalah ....
a.       Memori prosedural
b.       Memori episodik
c.        Memori autobiografi
d.       Memori semantik
e.        Long term memory
38.    Mana yang merupakan pengertian dari sensory storage?
a.       Komponen utama sistem memory yanng bertemu langsung dengan informasi yang langsung.
b.       Informasi yang disensasi oleh panca indera dan mendapatkan perhatian kemudian ditransfer ke dalam sistem memory ke dua
c.        Bagian dari sistem memori yang dapat menyimpan informasi dalam masa yang lama
d.       Memori khususyang menyimpan informasi tentang peristiwa.
e.        Menyimpan jenis informasi utama.
39.    Apa yang termasuk jenis informasi?
a.       Memory episodik
b.       Memory autobiografi
c.        Memory semantik
d.       Memory prosedural
e.        Semua benar.
40.    Disini merupakan strategi memory, kecuali,
a.       Rehearsal
b.       Organisasi
c.        Lupa
d.       Elaborasi semantik
e.        retreival
41.    Apakah yang di maksud pengelolaan kelas?
a)       pengadministrasian, pengaturan atau penataan suatu kegiatan / kelas
b)       membeli jadwal
c)       memberi anak pr atau tugas terus
d)       membuat suasana tenang dengan di kasih ac di kelas
e)       semuanya benar
  1. Apa tujuan dari pengelolaan kelas yang efektif?
a)       Untuk menyejah terakan anak didik dan guru
b)       Penyediaan fasilitas bagi macam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektual dalam kelas
c)       Memacu semangat belajar anak
d)       Menjadikan guru tidak banyak berfikir
e)       a dan b benar selainnya salah

  1.  Bagaimana peranan guru dalam pengelolaan kelas?
a.           Guru Sebagai Demonstrator dan Evaluator
b.           Guru selalu berpenangpilan elegan di kelas
c.           Guru selalu memberi  stimulus pada anak
d.           Guru selalu memarahi anak
e.           Semua benar
  1. Mengapa dibutuhkannya strategi pengelolaan kelas?
a)       Untuk menghendel anak agar tidak rebut
b)       Untuk kesejah teraan guru
c)       Untuk meningkatan mutu pendidikan agar tercapai apabila proses belajar mengajar yang diselenggarakan di kelas benar-benar efektif dan berguna untuk mencapai kemampuan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang diharapkan.
d)       Untuk mencerdaskan anak
e)       Semua benar
  1. Bagaimana contoh model pengelolaan kelas dan penggambaran penggambaran nyatanya?
a)       Dengan jadwal untuk anak sd-sma dan silabus untuk mahasiswa.
b)       Dengan membuat statistic kelas
c)       Dengan di beri tugas terus pada anak
d)       Dengan di beri keleluasaan boleh makan di kelas
e)       Semua benar
46.    Ciri-ciri siswa yang memiliki motivasi belajar  tinggi adalah …
a.       Siswa menyepelekan ketika mendapat tugas sekolah
b.       Siswa membolos sekolah
c.        Siswa mencontek saat ujian
d.       Tekun dan tidak mudah  putus asa  dalam menghadapi tugas
e.        Tidak memperhatikan saat guru menerangkan materi pelajaran
47.    Motivasi berasal dari kebutuhan manusia yang tersusun secara hierarkis. Apabila kebutuhan dasar manusia telah terpenuhi maka akan timbul kebutuhan yang lebih tinggi, dimana aktualisasi diri berada di puncak tertinggi hierarki kebutuhan manusia. Pernyataan diatas adalah ungkapan dari teori motivasi….
a.       Aktualisasi diri
b.       Fisiologis
c.        Psikoanalisis
d.       Hasil
e.        Insting
48.    Diantara contoh berikut, manakah yang termasuk motivasi intrinsik?
a.       Mahasiswa aktif di kelas saat pembelajaran agar dikenal dosen
b.       Mahasiswa aktif di organisasi agar dia dapat mendekati gadis pujaannya
c.        Mahasiswa giat belajar dan berlatih karena dia sadar bahwa hal itu akan berguna bagi dirinya sendiri
d.       Mahasiswa memilih program pendidikan saat masuk kuliah karena didesak orang tuanya
e.        Mahasiswa giat belajar agar mendapat nilai tertinggi dan dipuji teman-temannya
49.    Peran motivasi sngatlah penting dalam pembelajaran, salah satunya yaitu peran motivasi memperjelas tujuan pembelajaran, mengapa demikian?
a.       Karena tinggi rendahnya prestasi siswa selalu dihubungkan dengan tinggi rendahnya motivasi siswa tersebut
b.       Karena motivasi siswa berhubungan dengan suatu tujuan dimana motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan bagi siswa yang harus dikerjakan sesuai dengan tujuan siswa tersebut
c.        Karena motivasi berperan sebagai motor penggerak utama bagi siswa untuk belajar
d.       Karena motivasi sangat berpengaruh dalam pembelajaran siswa dalam meraih prestasi
e.        Karena tidak aka nada pembelajaran tanpa ada motivasi
50.    Siapakah tokoh yang mengusung teori motivasi aktualisasi diri?
a.       Murray
b.       David C. McClelland
c.        Sigmund Freud
d.       John Locke
e.        Abraham Maslow
51.    Strategi belajar sebagai pola dan urutan umum perbuatan guru-murid dalam mewujudkan kegiatan belajar-mengajar adalah pendapat menurut?
a.       Arends
b.       Piaget
c.        T. Raka Joni
d.       John Locke
52.    Berikut ini merupakan Variasi Dalam Model Pelaksanaan PBL (Problem Based Learning)kecuali…
a.          Tugas-tugas perencanaan
b.          Tugas Interaktif
c.          Lingkungan Belajar dan Tugas-tugas Manajemen
d.          Tugas Matrikal

53.   Dari segi peranan guru dan siswa dalam mengolah pesan, strategi pembelajaran dibedakan atas.
a.       strategi ekspositorik dan strategi heuristik
b.       strategi ekspositorik dan strategi hermeneutik
c.        strategi psikomotorik dan strategi heuristik
d.       Strategi eksploratik dan strategi heuristik

54.   Model-model pembelajaran interaktif berpusat pada guru dan siswa, yang termasuk berpusat pada guru adalah. 
a.       Cooperative Learning
b.       Problem Based Learning
c.        Pengajaran Langsung
d.       Pengajaran Interaktif
55.    Berikut yang tidak termasuk prinsip-prinsip Pembelajaran Kooperative adalah...
a.     Prinsip Ketergantungan Positif
b.     Prinsip learning active
c.     Interaksi tatap muka
d.     Partisipasi dan komunikasi

No comments:

Post a Comment