1.
Di bawah ini
termasuk konsep teori perkembangan kognitif dan bahasa Jean Piaget, kecuali....
a.
Akomodasi
b.
Scaffolding
c.
Asimilasi
d.
Skema
e.
Ekuilibrasi
2.
Siapakah
pencetus teori konstruktivisme....
a.
Kohlberg
b.
Ericson
c.
Guthrie
d.
Pavlov
e.
Jean Piaget
3.
Pada tahap
apakah anak mampu berfikir secara logis....
a.
Tahap operasional
b.
Tahap operasional
formal
c.
Tahap operasional
konkret
d.
Tahap pra
operasional
e.
Tahap
sensorimotor
4.
Teori Vygotsky
lebih mengutamakan pada proses....
a.
Interaksi
sosial dan budaya
b.
Interaksi
sosial dan agama
c.
Interaksi
sosial dan politik
d.
Interaksi
sosial dan ekonomi
e.
Interaksi
sosial dan lingkungan
5.
Tingkat
pemecahan masalah yang dicapai anak yang bekerja sendiri disebut....
a.
ZPD
b.
Batas tengah
c.
Batas atas
d.
Batas bawah
e.
Scaffolding
6. Di bawahini yang merupakan tahap psikososial Erikson masaremaja (10-20
tahun) adalah…
a. Keintiman vs isolasi
b. Otonomi vs malu dan ragu
c.
Integritas vs keputusasaan
d. Identitas vs kebingunganidentitas
7. Kohlberg 1984, mengatakanbahwaada 3 (tiga) kemungkinan hubungan antara sakit fisik dan sakit jiwa. Salah satu diantaranya adalah…
a. Sakitfisik yang diderita itu bukan dari gejala gangguan jiwa
b. Antara gangguan jiwa dan sehat fisik dapat saling menompang, artinya bahwa orang
menderita sakit fisika akan menimbulkan gangguan jiwa, yang mana gangguan jiwa itu terus memperparah sakit fisiknya
c.
Fisik dan jiwa merupakan satu-kesatuan dalam eksistensi manusia
d. Keadaan fisik manusia di pengaruhi jiwanya, sebaliknya keadaan jiwa dipengaruhi fiisiknya
8.
Menurut
Kohlberg, Ketika manusia menjelang dan mulai memasuki fase perkembangan yuwana
(usia 10-13 tahun) yang sudah dianggap moral sebagai kesepakatan tradisi social
merupakan tingkat…
a. Moralitas
b. Moralitas pra konvensional
c.
Moralitas konvensional
d. Moralitas pasca konvensional
9. Erikson mempunyai hipotesis bahwa manusia melewati delapan tahap psikososial sepanjang hidup mereka. Pada masing-masing tahap terdapat krisis atau masalah-masalah penting yang harus diatasi. Salah satunya adalah tahap generativitas vs stagnasi, yang terjadi sekitar usia…
a. Usia SD-remaja
b. 10-20 tahun
c.
20-30 tahun
d. 40an- 50an tahun
10.
Jadilah contoh perilaku
prasosial, murid meniru apa yang dilakukan guru misalnya tindakan guru yang
menghibur murid saat dia stress, kemungkinan akan ditiru oleh murid lainnya,
ketika guru mengomeli semua murid sambil berteriak-teriak, mereka mungkin akan menirunya
dengan meneriaki teman-temannya.Contoh tersebut merupakan implikasi dari teori…
a. Kohlberg
b. Erikson
c.
Gestalt
11.
Ivan Patrofich
Pavlov adalah keilmuan yang lahir di Rusia pada tahun ?
a.
1839
b.
1829
c.
1849
d.
1879
e.
1889
12.
Ada berapa unsur dalam wksperimen Ivan Petrovich
Pavlov?
a.
3
b.
5
c.
4
d.
6
e.
7
13.
Apa yyang
digunakan dalam eksperimen pavlov?
a.
Kucing
b.
Anjing
c.
Harimau
d.
Tikus
e.
Kera
14.
Apa yang
digunakan dalam eksperimen guthrie?
a.
Kucing
b.
Anjing
c.
Tikus
d.
Kera
e.
Harimau
15.
Ada berapa
metode dalam teori guthrie?
a.
3
b.
4
c.
5
d.
6
e.
7
16.
Di bawah
ini yang merupakan salah satu prinsip belajar menurut teori Gestalt adalah .
a.
Belajar dimulai dari bagian-bagiannya, kemudian barulah pada keseluruhan
b. Belajar dimulai dari suatu keseluruhan,
kemudian baru menuju bagian-bagian
c. Bagian-bagian memberi makna pada
keseluruhan
d. Belajar dari yang khusus ke yang umum
17.
Yang merupakan
konsep teoritis utama Gestalt yaitu . . . . . .
a. Vicarious Trial and Error
b. Konfirmation versus Reinforcement
c. Learning Versus Performance
d. Field theory dan
Hukum Pragnanz
18.
Tolman
mengatakan bahwa tingkah laku manusia secara keseluruhan disebut tingkah laku .
. . . . .
a. Molar c. molekular
b. moral d. behavioris
19.
Tolman
mengatakan bahwa dalam belajar, hal yang utama adalah proses interaksi yang
berkesinambungan dengan lingkungan. Organisme yang sampai pada ekplorasi, akan
menemukan bahwa peristiwa tertentu, akan menimbulkan peristiwa lain atau satu
isyarat akan menghasilkan isyarat lain. Oleh karena itu, Tolman lebih dikenal sebagai
ahli teori . . . . . .
a. S-R c. S-S
b. R-S d. S-R
20.
Diantara
enam jenis belajar menurut Tolman adalah . . . . . .
a. Cathexes c. behavioris
b. Hukum Pragnanz d. kognitif
21.
Apabila
seseorang mengetahui banyak hal, mampu belajar cepat, serta berulang kali dapat
memilih tindakan yang efektif dalam situasi yang rumit, maka dapat disimpulkan
bahwa ia adalah
A.
Memori
B.
Bakat
C.
Intelegensi
D.
Motivasi
E.
Strategi
22.
Intelegensi
adalah daya menyesuaikan diri dengan keadaan baru dengan mempergunakan
alat-alat berfikir menurut tujuannya, pengertian tersebut adalah menurut..
A.
Edward Lee
Thorndike
B.
William Stern
C.
Walgito
D.
Sternberg
E.
Louis Thurstone
23.
Kemampuan
mengaktualisasi sesuatu yang bersifat transenden atau penyadaran akan
nilai-nilai akidah-keimanan, keyakinan akan kebesaran Tuhan. Pengertian
tersebut adalah pengrtian dari aspek...
A.
Linguistic
Intelligense
B.
Spatial
Intelligense
C.
Interpersonal
Intelligense
D.
Natural
intelligense
E.
Spiritual
Intelegense
24.
Faktor- faktor
yang mempengaruhi intelegensi adalah .. kecuali
A.
Faktor bawaan
atau keturunan
B.
Faktor minat
dan pembawaan yang khas
C.
Faktor
kematangan
D.
Faktor usia
E.
Faktor
kebebasan
25.
Kemampuan fisik
seperti kekuatan fisik, kecepatan gerak, ketelitian dan ketepatan, koordinasi
dan keluwesan anggota tubuh, pengertian diatas adalah pengertian bakat dari
aspek..
A.
Perseptual
B.
Psikomotor
C.
Intelektual
D.
Intelegensi
E.
Interpersonal
26.
Individu yang
memiliki ciri-ciri khusus di dalam perkembangannya yang berbeda dari
perkembangan secara normal disebut . . . . . .
a.
Gifted/talented d.
Autisme
b.
Down syndrome e.
Students with special needs
c.
hyperactif
27.
Pendekatan
pendidikan yang dapat dilaksanakan dengan memberikan kesempatan kepada anak
gifted dan talented untuk memilih topik yang sesuai minatnya . . . . . .
a.
Saintific
change d.
Akserelasi
b.
Enrichment e.
Contextual learning
c.
Inattention
28.
Suatu kelainan
yang membuat individu bersangkutan sulit untuk melakukan kegiatan belajar
secara efektif . . . . . .
a.
Language
difficulty d.
Learning disorder
b.
Indirect
difficulty e.
Learning destruction
c.
problem solving
29.
Dilihat dari
sifat kesulitannya dibawah ini yang bukan termasuk macam kesulitan
belajar adalah . . . . . .
a.
Sebagian bidang
studi d. Sementara
b.
Tidak permanen e.
Permanen
c.
Menetap atau
tetap
30.
Individu yang
mengalami keterbelakangan mental tidak disebut juga dengan . . . . . .
a.
Mental
retardation d.
Tuna grahita
b.
Mental highly e.
Disabilitas inteligensia
c.
Retardasi
mental
31.
Manakah yang
termasuk motivasi berdasarkan sumbernya ?
A.
motivasi
ekstrinsik
B.
motivasi
jasmaniah
C.
motivasi
ruhaniah
D.
motivasi bawaan
dan
E.
motivasi yang
dipelajari
32.
Teori mana yang
mengemukakan tentang konsep jiwa ?
A.
Teori kebutuhan
dari Maslow
B.
Teori atribusi
C.
Teori motivasi
hasil (product)
D.
Teori
motivasi dari Murray
E.
Teori behavioral
33.
Yang bukan
termasuk dari perspektif motivasi yaitu...
A.
Perspektif behavioral
B.
Perspektif
humanistis
C.
Perspektif kognitif
D.
Perspektif sosial
E.
Perspektif
ruhaniah
34.
Tanamkan
keyakinan positif kepada siswa tentang kemampuan yang dimilikinya sehingga
siswa lebih semangat dalam belajar. Kalimat ini di kemukakan oleh siapa ?
A.
David C. Mc
Clelland
B.
Mc Donald
C.
Eric
Jensen
D.
Atkinson
E.
Emmer
35.
Pergunakan
pujian verbal, melakukan hal yang luar biasa, dan merangsang hasrat anak didik.
Ini termasuk penggolongan dari poin apa ?
A.
Implikasi
adanya motivasi dalam pembelajaran
B.
Upaya
meningkatkan motivasi belajar
C.
Perspektif motivasi
D.
Teori-teori
motivasi
E.
Macam-macam
motivasi
36.
Kemampuan untuk
mencamkan, menyimpan, dan memproduksi kembali hal-hal yang pernah di ketahui
merupakan pengertian dari ?
a.
Lupa
b.
Memori
c.
Strategi
pembelajaran
d.
Organisasi
e.
Mental imagery
37.
Yang merupakan
bagian dari struktur memori adalah ....
a.
Memori
prosedural
b.
Memori episodik
c.
Memori
autobiografi
d.
Memori semantik
e.
Long
term memory
38.
Mana yang
merupakan pengertian dari sensory storage?
a.
Komponen
utama sistem memory yanng bertemu langsung dengan informasi yang langsung.
b.
Informasi yang
disensasi oleh panca indera dan mendapatkan perhatian kemudian ditransfer ke
dalam sistem memory ke dua
c.
Bagian dari
sistem memori yang dapat menyimpan informasi dalam masa yang lama
d.
Memori
khususyang menyimpan informasi tentang peristiwa.
e.
Menyimpan jenis
informasi utama.
39.
Apa yang
termasuk jenis informasi?
a.
Memory episodik
b.
Memory
autobiografi
c.
Memory semantik
d.
Memory
prosedural
e.
Semua
benar.
40.
Disini
merupakan strategi memory, kecuali,
a.
Rehearsal
b.
Organisasi
c.
Lupa
d.
Elaborasi
semantik
e.
retreival
41.
Apakah yang di
maksud pengelolaan kelas?
a)
pengadministrasian,
pengaturan atau penataan suatu kegiatan / kelas
b)
membeli jadwal
c)
memberi anak pr
atau tugas terus
d)
membuat suasana
tenang dengan di kasih ac di kelas
e)
semuanya benar
- Apa
tujuan dari pengelolaan kelas yang efektif?
a)
Untuk menyejah
terakan anak didik dan guru
b)
Penyediaan
fasilitas bagi macam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial,
emosional, dan intelektual dalam kelas
c)
Memacu semangat
belajar anak
d)
Menjadikan guru
tidak banyak berfikir
e)
a dan b benar
selainnya salah
- Bagaimana peranan guru dalam pengelolaan
kelas?
a.
Guru Sebagai
Demonstrator dan Evaluator
b.
Guru selalu
berpenangpilan elegan di kelas
c.
Guru selalu
memberi stimulus pada anak
d.
Guru selalu
memarahi anak
e.
Semua benar
- Mengapa
dibutuhkannya strategi pengelolaan kelas?
a)
Untuk
menghendel anak agar tidak rebut
b)
Untuk kesejah
teraan guru
c)
Untuk
meningkatan mutu pendidikan agar tercapai apabila proses belajar mengajar yang
diselenggarakan di kelas benar-benar efektif dan berguna untuk mencapai
kemampuan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang diharapkan.
d)
Untuk
mencerdaskan anak
e)
Semua benar
- Bagaimana
contoh model pengelolaan kelas dan penggambaran penggambaran nyatanya?
a)
Dengan jadwal
untuk anak sd-sma dan silabus untuk mahasiswa.
b)
Dengan membuat
statistic kelas
c)
Dengan di beri
tugas terus pada anak
d)
Dengan di beri
keleluasaan boleh makan di kelas
e)
Semua benar
46. Ciri-ciri siswa yang memiliki motivasi
belajar tinggi adalah …
a.
Siswa menyepelekan ketika mendapat tugas sekolah
b.
Siswa membolos sekolah
c.
Siswa mencontek saat ujian
d.
Tekun dan tidak mudah
putus asa dalam menghadapi tugas
e.
Tidak memperhatikan saat guru menerangkan materi
pelajaran
47. Motivasi berasal dari kebutuhan manusia
yang tersusun secara hierarkis. Apabila kebutuhan dasar manusia telah terpenuhi
maka akan timbul kebutuhan yang lebih tinggi, dimana aktualisasi diri berada di
puncak tertinggi hierarki kebutuhan manusia. Pernyataan diatas adalah ungkapan dari
teori motivasi….
a.
Aktualisasi diri
b.
Fisiologis
c.
Psikoanalisis
d.
Hasil
e.
Insting
48. Diantara contoh berikut, manakah yang
termasuk motivasi intrinsik?
a. Mahasiswa aktif di kelas saat pembelajaran
agar dikenal dosen
b. Mahasiswa aktif di organisasi agar dia
dapat mendekati gadis pujaannya
c.
Mahasiswa giat belajar dan berlatih karena dia sadar
bahwa hal itu akan berguna bagi dirinya sendiri
d. Mahasiswa memilih program pendidikan saat
masuk kuliah karena didesak orang tuanya
e.
Mahasiswa giat belajar agar mendapat nilai tertinggi
dan dipuji teman-temannya
49. Peran motivasi sngatlah penting dalam
pembelajaran, salah satunya yaitu peran motivasi memperjelas tujuan
pembelajaran, mengapa demikian?
a. Karena tinggi rendahnya prestasi siswa
selalu dihubungkan dengan tinggi rendahnya motivasi siswa tersebut
b. Karena motivasi siswa berhubungan dengan
suatu tujuan dimana motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan bagi siswa yang
harus dikerjakan sesuai dengan tujuan siswa tersebut
c.
Karena motivasi berperan sebagai motor penggerak utama
bagi siswa untuk belajar
d. Karena motivasi sangat berpengaruh dalam
pembelajaran siswa dalam meraih prestasi
e.
Karena tidak aka nada pembelajaran tanpa ada motivasi
50. Siapakah tokoh yang mengusung teori
motivasi aktualisasi diri?
a. Murray
b. David C. McClelland
c.
Sigmund Freud
d. John Locke
e.
Abraham Maslow
51.
Strategi
belajar sebagai pola dan urutan umum perbuatan guru-murid dalam mewujudkan
kegiatan belajar-mengajar adalah pendapat menurut?
a.
Arends
b.
Piaget
c.
T.
Raka Joni
d.
John Locke
52.
Berikut ini
merupakan Variasi Dalam Model Pelaksanaan PBL (Problem Based Learning)kecuali…
a.
Tugas-tugas
perencanaan
b.
Tugas
Interaktif
c.
Lingkungan
Belajar dan Tugas-tugas Manajemen
d.
Tugas
Matrikal
53.
Dari segi
peranan guru dan siswa dalam mengolah pesan, strategi pembelajaran dibedakan
atas.
a.
strategi
ekspositorik dan strategi heuristik
b.
strategi ekspositorik
dan strategi hermeneutik
c.
strategi psikomotorik
dan strategi heuristik
d.
Strategi eksploratik
dan strategi heuristik
54.
Model-model
pembelajaran interaktif berpusat pada guru dan siswa, yang termasuk berpusat
pada guru adalah.
a.
Cooperative
Learning
b.
Problem Based
Learning
c.
Pengajaran
Langsung
d.
Pengajaran
Interaktif
55.
Berikut yang tidak
termasuk prinsip-prinsip Pembelajaran Kooperative adalah...
a.
Prinsip
Ketergantungan Positif
b.
Prinsip
learning active
c.
Interaksi tatap
muka
d.
Partisipasi dan
komunikasi
No comments:
Post a Comment