Tuesday, February 7, 2017

Pendekatan Sistem dalam Pembelajaran


                Sistem adalah satu kesatuan komponen – komponen yang saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. Contoh :
Manusia ada roh dan jasad untuk bisa melakukan aktivitas.
Sistem penilaian ulangan, kehadiran, uas, uts untuk evaluasi
Sistem bukan metode, metode hanya bagian kecil dari sistem. Ciri – ciri sistem ; setiap sistem mempunyai tujuan, fungsi dan komponen.
Komponen dalam sistem merupakan keseluruhan yang bermakna dan tertata pada tempatnya masing – masing. Contoh : Sistem manusia mata terletak di atas untuk melihat, jika terletak dibawah maka sistem akan rusak. Setiap komponen adalah bagian dari sistem yang lebih besar. Contoh : sekolah Sistem pendidikan Sistem sosial.
Sifat komponen :
·         Dilihat dari fungsinya ada dua:
Ø  Integral tidak dapat dipisahkan dari sistem itu.
Contoh :             Sistem pendidika = guru dan siswa.
Sistem manusia = roh.
Sistem rumah = atap.
Ø  Tidak integral sebagai pelengkap, tidak mempengaruhi sistem hanya menganggu.
Contoh :             Sistem pendidikan = perpustakaan.
                            Sistem manusia = mata.
                            Sistem rumah = jendela.
·         Saling berhubungan.
Sistem perkuliahan:
Manusiawi
Fasilitas
Material
Perlengkapan
Prosedur
Guru
Ruang
Buku
Komputer
Strategi
Siswa
Laboratorium
Film
Audio – visual
Jadwal
Pustakawan



Evaluasi
Manfaat sistem pembelajaran :
·         Arah dan tujuan dapat direncanakan dengan jelas
·         Menuntun guru pada kegiatan yang tidak perlu dilakukan
·         Mengoptimalkan segala potensi dan sumber daya yang tersedia
·         Memberikan umpan balik
Ciri pembelajaran sebagai sistem :
-         Hubungan sistematik atau penekanan pada sistem.

-         Penekanan pada perilaku yang dapat diukur dan diamati.

No comments:

Post a Comment