Sistem adalah satu kesatuan komponen – komponen yang
saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. Contoh :
Manusia → ada roh dan jasad untuk
bisa melakukan aktivitas.
Sistem penilaian → ulangan, kehadiran,
uas, uts untuk evaluasi
Sistem
bukan metode, metode hanya bagian kecil dari sistem. Ciri – ciri sistem ;
setiap sistem mempunyai tujuan, fungsi dan komponen.
Komponen
dalam sistem merupakan keseluruhan yang bermakna dan tertata pada tempatnya
masing – masing. Contoh : Sistem manusia → mata terletak di atas untuk melihat, jika
terletak dibawah maka sistem akan rusak. Setiap komponen adalah bagian dari
sistem yang lebih besar. Contoh : sekolah → Sistem pendidikan → Sistem sosial.
Sifat komponen :
·
Dilihat dari fungsinya ada dua:
Ø Integral
→ tidak dapat dipisahkan
dari sistem itu.
Contoh : Sistem
pendidika = guru dan siswa.
Sistem manusia = roh.
Sistem rumah = atap.
Ø Tidak
integral → sebagai pelengkap,
tidak mempengaruhi sistem hanya menganggu.
Contoh : Sistem
pendidikan = perpustakaan.
Sistem
manusia = mata.
Sistem
rumah = jendela.
·
Saling berhubungan.
Sistem perkuliahan:
Manusiawi
|
Fasilitas
|
Material
|
Perlengkapan
|
Prosedur
|
Guru
|
Ruang
|
Buku
|
Komputer
|
Strategi
|
Siswa
|
Laboratorium
|
Film
|
Audio –
visual
|
Jadwal
|
Pustakawan
|
|
|
|
Evaluasi
|
Manfaat sistem
pembelajaran :
·
Arah dan tujuan dapat direncanakan dengan
jelas
·
Menuntun guru pada kegiatan yang tidak
perlu dilakukan
·
Mengoptimalkan segala potensi dan sumber
daya yang tersedia
·
Memberikan umpan balik
Ciri pembelajaran
sebagai sistem :
-
Hubungan sistematik atau penekanan pada
sistem.
-
Penekanan pada perilaku yang dapat diukur
dan diamati.
No comments:
Post a Comment