Monday, February 13, 2017

Pengembangan Kompetensi sebagai Tujuan Pembelajaran


A.       Pentingnya perumusan tujuan
·         Mengevaluasi efektifitas keberhasilan proses pembelajaran
·         Pedoman & panduan kegiatan belajar siswa
·         Membantu dalam mendesain sistem pembelajaran
·         Kontrol dalam menentukan batas-batas dan kualitas pembelajaran

B.    Tujuan Umum dan Khusus
§  Tujuan Pendidikan Nasional (UU. No. 20 Tahun 2003, Pasal 3) Negara
§  Tujuan Institusional Institusi/lembaga
§  Tujuan Kurikuler   Mata pelajaran      
§  Tujuan Pembelajaran Bahasan/sub
Ø  Umum
Ø  Khusus

C.    Tujuan Umum
Ø  Tujuan Instruksional Umum (TIU) (Instructional Goal) menggambarkan perilaku apa yang siswa akan pelajari atau mampu lakukan setelah pembelajaran dan menunjukkan konteks dimana perilaku itu terjadi.
Ø  Tujuan Instruksional Umum adalah (1) pernyataan umum yang jelas tentang hasil belajar siswa yang (2) berkaitan dengan masalah/kebutuhan yang diidentifikasi dan (3) dapat dicapai dengan pembelajaran, bukan dengan motivasi atau cara lainnya.

D.    Tujuan Khusus
          Deskripsi dari suatu kinerja yang dinginkan untuk ditunjukkan oleh peserta didik sebelum guru menganggap mereka kompeten
          Pernyataan hasil yang secara khusus menangkap bagaimana pengetahuan, ketrampilan, sikap yang harus peserta didik dapat tunjukkan dalam mengikuti pembelajaran
          Menggambarkan ketrampilan, pengetahuan, sikap yang harus dimiliki atau ditunjukkan setelah peserta didik menyelesaikan pembelajaran
          Menjelaskan hasil yang dinginkan, dari pada proses itu sendiri

E.    Tujuan dan kompetensi
          Dalam Kurikulum 2013, tujuan pendidikan dirumuskan dalam kompetensi
          Kompetensi ; perpaduan dari pengetahuan, ketrampilan, nilai, dan sikap yang direfleksikan dalam kebebasan berfikir dan bertindak
          Kompetensi mencakup:
q  Kompetensi Lulusan
q  Kompetensi Inti (KI 1, KI 2, KI 3, KI 4)
q  Kompetensi Dasar

q  Indikator (Tujuan Intruksional Khusus) 

No comments:

Post a Comment