Tuesday, February 7, 2017

Manusia dan Penderitaan


A.      Pengertian Penderitaan
Penderitan dari kata derita. Kata derita berasal dari kata bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir dan batin, atau lahir batin. Yaang termasuk penderitaan itu antara lain keluh kesah, kesengsaraan, kelaparan, kekenyangan, kepanasan, dll.

B.       Penyebab Penderitaan
                         1.            Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia yang terjadi antara sesama manusia atau dengan lingkungan
                         2.            Penderitaan yang timbul karena penyakit.

C.      Sumber Penderitaan
                         1.            Hakikat manusia
Manusia pada hakikatnya adalah makhluk hidup yang memiliki kepribadian yang tersusun dari perpaduan dan saling hubungan dan pengaruh mempengaruhi antara unsur jasmani dan rohani, karena itu penderitaan dapat terjadi pda tingkat jasmani maupun rohani.
Jasmani merupakan unsur yang hidup pada diri manusia. Di dalam manusia ada dua unsur yang berhubungan yaitu otak dan oanca indera. Sedangkan rohani adalah unsur yang menjiwai, mendasari dan memimpin unsur pribadi manusia. Rohani memiliki alat dan kemampuan:
a)      Nafsu, adalah semua dorongan yang ditimbulkan oleh segala macam kebutuhan sehingga menimbulkan keinginan.
b)      Perasaan, adalah gejala psikis yang timbul didalam batin akibat kontak antara manusia dengan lingkungan.
c)      Pikiran atau akal budi, memungkinkan manusia mempertimbangkan, membedakan dan mengambil keputusan berdasarkan alasan – alasan sendiri.
d)      Kemauan disebut juga kehendak, dimilikinya kemamuan dalam diri manusia memungkinkan manusia untuk memilih.
                         2.            Dorongan memenuhi kebutuhan sebagai sumber penderitaan
Untuk mempertahankan keberadaan dan hidupnya, manusia dituntut memenuhi kebutuhannya baik jasmani, rohani dan sosial dalam memnuhi kebutuhannya. Tapi bila tujuan tidak terpenuhi akan terjadi penyesalan, kesedihan dan penderitaan.

Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan jasmani dan rohani. Akibat siksaan yang dialami seseorang timbullah penderitaan. Siksaan yang bersifat psikis misalnya kebimbangan, kesepian dan ketakutan.
Rasa sakit adalah rasa yang di derita akibat menderita suatu penyakit. Penderitaan, rasa sakit dan tersiksa merupakan rangkaian peristiwa yang tidak dapat dipisahkan karena merupakan sebab akibat.
a.       Sakit merupakan sunnatullah keadaan sakit merupakan sunnatullah yang mengikutii hukum sebab akibat dari Allah.
b.       Sakit merupakan ujian
c.       Sakit merupakan penebus dosa
d.       Sakit sebagai peringatan
e.       Sakit sebagai azab

Neraka adalah darul adzab yaitu tempat siksaan bagi orang yang berbuat dosa., durhaka dan ingkar kepada Allah. Orang – orang yang taat dan berbakti dengan kenikmatan yaitu surga. Maka kepada orang – orang yang durhaka dan bersalah akan diberi balasan berupa siksaan yaitu neraka. Ini dilakukan sebagai hukuman yang sangat pedih dan berbagai siksaan yang sangat menyedihkan. Neraka mempunyai tujuh tingkatan yaitu Neraka jahanam, neraka Ladlo, neraka Huthamah, neraka Sa’ir, neraka Saqar, neraka Jahim dan neraka Hawiyah.

Maka wajiblah kita takut terhadap syirik atau menyekutukan Allah dengan segala macamnya, serta mengarahkan amal ibadah kita hanya kepaa Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

No comments:

Post a Comment