Bidang ini
dibentuk oleh beberapa ahli psikologi pada akhir abad ke – 19 tepat sebelum
abad ke-20.
A.
Wiliam James
Observasi pengajaran dan pembelajaran di dalam kelas untuk
meningkatkan pembelajaran. Memulai pelajaran tepat di titik luar tingkat
pengetahuan dan pemahaman anak untuk memperluas pikiran si anak.
B.
John Dewey
Anak merupakan pembelajar aktif. Anak seharusnya tidak hanya
dididik dalam mata pelajaran akademis saja, namun seharusnya juga mempelajari
cara-cara beradaptasi dengan dunia luar. Semua anak pantas mendapatkan
pendidikan yang sesuai dengan keadaan dirinya.
C.
Edward Lee Thorndike
Fokus pandangan Thorndike adalah pada assesmen dan penilaian serta
mempromosikan tiang fondasi belajar yang ilmiah. Tugas yang paling penting dari
pendidikan yang diterima di sekolah adalah untuk mengasah ketrampilan pemikiran
anak-anak.
No comments:
Post a Comment