Friday, February 10, 2017

Manusia dan Tanggungjawab


A.      Pengertian Tanggungjawab
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Pengertian yang kita peroleh sehari – hari untuk kata “pertanggungjawaban” dari kata “tanggung jawab” yaitu bebas psikis (kejiwaan) yang melandasi pelaksanaan kewajiban (atau dalam melakukan kewajiban) dari tugas tertentu.

B.       Macam – macam Tanggungjawab
                               1.            Tanggung Jawab Kepada Keluarga
Masyarakat kecil ialah keluarga. Keluarga adalah suami, istri, ayah, ibu, anak – anak, dan juga orang – orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan dan kehidupan.
                               2.            Tanggung Jawab Kepada Masyarakat
Manusia adalah makhluk sosial. Manusia merupakan anggota masyarakat. Karena itu, dalam berpikir, bertingkah laku, berbicara, dan sebagainya manusia terikat oleh masyarakat. Wajarlah apabila segala tingkah laku dan perbuatannya harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.
                               3.            Tanggung Jawab Kepada Bangsa/Negara
Setiap manusia, tiap individual adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma – norma atau ukuran – ukuran yang dibuat oleh Negara. Manusia tidak dapat berbuat semau sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara.
                               4.            Tanggung Jawab Kepada Tuhan
Manusia ada tidak dengan sendirinya, tetapi merupakan makhluk ciptaan Tuhan. Sebagai ciptaan Tuhan, manusia dapat mengembangkan diri sendiri dengan sarana – sarana pada dirinya yaitu pikiran, perasaan, seluruh anggota tubuhnya, dan alam sekitarnya.

C.      Makna pengabdian
Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan antara lain kepada Raja, cinta, kasih sayang, hormat, atau suatu ikatan dan semua dilakukan dengan ikhlas. Timbulnya pengabdian itu hakikatnya ada rasa tanggungjawab.

D.     Macam – macam Pengabdian
                               1.            Pengabdian Kepada Keluarga.
Pada hakikatnya manusia hidup berkeluarga. Hidup berkeluarga ini didasarkan atas cinta dan kasih sayang. Kasih sayang ini mengandung pengertian pengabdian dan pengorbanan. Tidak ada kasih sayang tanpa pengabdian. Bila ada kasih sayang itu tidak disertai pengabdian, berarti kasih sayang itu palsu atau semu.
                               2.            Pengabdian Kepada Masyarakat
Manusia adalah anggota masyarakat, ia tak dapat hidup tanpa orang lain, karena tiap – tiap orang saling membutuhkan. Bila seseorang yang hidup di masyarakat tidak mau memmasyarakatkan diri dan selalu mengasingkan diri, maka apabila mempunyai kesulitan yang luar biasa, ia akan ditertawakan oleh masyarakat, cepat atau lambat ia akan menyadari dan menyerah kepada masyarakat lingkungannya.
                               3.            Pengabdian Kepada Negara
Manusia pada hakikatnya adalah bagian dari suatu bangsa atau warga negara suatu negara. Karena itu seseorang wajib mencintai bangsa dan Negaranya.mencintai ini biasanya diwujudkan dalam bentuk pengabdian. Banyak contoh pengabdian kepada bangsa dan negara dalam kehidupan.
                               4.            Pengabdian Kepada Tuhan
Manusia tidak ada dengan sendirinya, tetapi merupakan makhluk ciptaan Tuhan. Sebagai ciptaan Tuhan Manusia wajib mengabdi kepada Tuhan. Pengabdian berarti penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan. Dan itu merupakan perwujudan tanggung jawabnya kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

E.       Makna kesadaran
Kesadaran adalah keinsyafan akan perbuatannya. Sadar artinya merasa, tahu atau ingat(kepada keadaan yang sebenarnya), keadaan ingat akan dirinya, ingat kembali (dari pingsannya), siuman, bangun(dari tidur) ingat, tahu dan mengerti misalnya rakyat telah sadar akan politik.
Kesadaran berasal dari kata sadar artinya tahu, mengerti, ingat, berbuka hati/pikirannya untuk berbuat sesuai dengan kata hatinya.

F.        Makna pengorbanan

Pengorbanan berasal dari kata korban, artinya berikan secara ikhlas: harta benda, waktu, tenaga, pikiran, bahkan mungkin nyawa demi ikatannya dengan sesuatu atau demi kesetiaan atau demi kebenaran. Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian.

No comments:

Post a Comment