Thursday, February 2, 2017

Model Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur'an


A.     Pengertian Pendidikan
Al Qur’an adalah akhlak Muhammad, Muhammad adalah Al Qur’an hidup. Bila kita hendak mengarahkan pendidikan kita, menumbuhkan karakter yang kuat pada anak didik. Itulah alasan mengapa Al Qur’an dipilih untuk menjadi basis dari pendidikan karakter.
Al Qur’an adalah petunjuk bgi manusia. Dri kata petunjuk kita menemukan nuansa makna bahwa hidup ini seperti sebuah perjalanan dinegeri asing. Syuhrawardi Asy Syahid menyebut negeri asing ini sebagai al ghurbah al gharbiyah (negeri asing yang penuh ilusi). Karena gelap, petunjuk sangat dibutuhkan. Apalagi negeri ini adl negeri asing. Petunjuk dapat mngarahkn perjalanan agar sampai pd titik finish & sbg pemenang. Tanpa petunjuk perjalanan akan berakhir pd ketersesatan & kejahatan, seperti yg dikemukakan surat Al fatihah.

B.     Model Pendidikan Akhlak dalam Al Qur’an
1. Model Perintah
Perintah untuk menjadikan sabar dan sholat sebagai penolong, Perintah untuk melaksanakan puasa, Perintah untuk menjaga diri dan Perintah untuk bertaubat.
2. Model Larangan
Larangan berkhianat,Larangan melakukan riya, Larangan memakan dan mendapatkan harta orang secara batil dan Larangan menjadikan orang kafir sebagai wali & pelindung. Model larangan dimaknai sebagai pembatas kebebasan dalam dunia pendidikan yang bisa diwujudkan dalam bentuk tataran kurikulum yang mendukung proses pendidikan yang tidak menyimpang dari nilai kebenaran.
3. Model Targhib (Motivasi)
Model targhib : Agar kamu bertaqwa, Supaya kamu beruntung, Supaya kamu mendapatkan kemenangan.Targhib menjadi model pendidikan yang memberi efek motivasi untuk beramal dan mempercayai sesuatu yang dijanjikan. Islam memotivasi manusia untuk beriman dan beramal shaleh serta melakukan perbuatan baik dengan didasari keimanan sbg modal utk memasuki alam kematian.
4. Model Tarhib
Ialah upaya menakut – nakuti manusia agar menjauhi dan meninggalkan suatu perbuatan. Landasan dasarnya adalah ancaman, hukuman, sanksi. Dimana hal tersebut adalah penjelasan sanksi dari konsekuensi perintah atau mengerjakan larangan dari ajaran agama.
Tarhib adalah metode dalam menyampaikan hukuman dan dilakukan sebelum peristiwa terjadi. Model Tarhib : Orang yang melampui batas akan mendapat siksa yang amat pedih, Allah tidak mmberi petunjuk kpd orang – orang yg kafir dll.
5. Model Kisah
Kisah merupakan sarana yang mudah untuk mendidik manusia. Model ini sangat banyak dijumpai dalam Qur’an. Bahkan kisah dalam Qur’an sudah menjadi kisah populer dalam dunia pendidikan.
6. Model Dialog dan Debat
Pendidikan Al Qur’an melalui model dialog dan debat semacam ini tentunya akan memberi pendidikan yang membawa pengaruh pada perasaan yang amat dalam bagi diri seorang beriman. Contoh : Hari kiamat pernah diyakini kamu kafir Makkah, namun melalui model dialog ini Al Qur’an menyatakan bahwa mereka nanti akan merasakan dan menyaksikannya sendiri.
7. Model Pembiasaan
8. Model Qudwah (Teladan)

Model Qudwah yang paling berhasil adalah pendidikan ala rasulullah. dimana pendidikan yang berlangsung berpusat pada diri beliau dengan menampilkan keteladanan dalam segala aspek. Dengan kesempurnaan akhlak dan moral yang dimiliki Rasulullah secara tidak langsung berpengaruh pada sikap keintelektualan beliau.

No comments:

Post a Comment