Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah/Madrasah :
MTs Al Munawarah
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab (Maharah Kitabah)
Kelas/Semester : IX / 1
Materi Pokok :
نزول القرآن
Alokasi Waktu :
2x40 menit (1 x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disipilin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkuan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Menyadari
pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
1.2
Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan
kemampuan berbahasa Arab
1.3
Mengamalkan
sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah
keislaman.
2.1
Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
2.2
Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3
Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji
3.1
Mengidentifikasi
bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan
نزول القرآنbaik secara lisan maupun tertulis.
3.2
Memahami
lafal bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
القرآن نزول
Indikator :
3.1.1 Menuliskan kata, frase, dan kalimat yang berkaitan tentang نزول القرآن.
3.2.1 Menyusun kerangka karangan dengan runtut dan baik.
4.1
Menunjukkan
contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon tentang : نزول القرآن
Indikator :
4.1.1 Menyusun paragraf tentang peristiwa نزول
القرآن dengan menggunakan
pilihan kata yang variatif dan struktur kalimat yang baik.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui
teks bacaan yang dibacakan oleh guru, siswa dapat menuliskan setiap kata, frase
dan kalimat tentang نزول القرآن minimal
60% Benar.
2.
Setelah
menuliskan setiap kata, frase dan kalimat, siswa dapat menyusun kalimat acak
dengan tepat.
3.
Siswa
dapat mengembangkan keterampilan menulis tentang peristiwa perayaanنزول القرآن
yang ada di lingkungannya dengan mufradat yang sudah dipahaminya minimal satu
paragraf.
D. Materi Pembelajaran
Teks bacaan tentang نزول القرآن dalam Buku Paket Bahasa Arab Kelas IX
semester satu.
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : المدخل الإتّصالى ) Pendekatan Komunikatif(
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
Metode : Drill
F.
Media,
Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
: Visual
2.
Alat/Bahan:
Teks Bacaan
3.
Sumber
Pembelajaran : Buku Paket Bahasa Arab kelas IX
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
|
Pendahuluan
|
Mempersiapkan
siswa untuk belajar :
Guru menyapa siswa, memperhatikan
kesiapan belajar, kemudian meminta salah seorang memimpin do’a.
|
2 Menit
|
|
Apersepsi
:
Mengingatkan siswa tentang
pelajaran sebelumnya
|
3 Menit
|
||
Motivasi
:
Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
|
3 Menit
|
||
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
:
1.
Siswa
mengamati bacaan teks tentang peristiwa yang berkaitan denganنزول القرآن
|
10 Menit
|
|
Menanya
1.
Siswa
menanyakan tentang mufradat yang belum di ketahui.
|
10 Menit
|
||
Mengeksplorasi :
1.
Siswa membentuk kelompok kemudian beradu cepat
memasangkan kalimat acak tentangنزول القرآن
|
15 Menit
|
||
Asosiasi :
1.
Setiap kelompok saling menilai hasil pemasangan berdasarkan
apa yang telah dibaca tentang نزول القرآن
|
10 Menit
|
||
Komunikasi
:
1.
Siswa
membuat karangan sederhana tentangنزول القرآن
|
15 Menit
|
||
Penutup
|
1. Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian
atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja
baik.
|
6 Menit
|
|
2. Guru memberikan tugas harian kemudian
memberikan gambaran materi selanjutnya dan mengucapkan salam.
|
6 Menit
|
||
H.
Peniliaian
1.
Teknik/jenis
penilaian : Tes Tulis
Teknik penilaian yang digunakan
dalam pembelajaran ini adalah :
a.
Tes
tertulis untuk menilai pengetahuan.
b.
Observasi
oleh guru yang dilakukan selama pembelajaran berlangsung.
2.
Bentuk
Instrumen penilaian
Tes tertulis yang digunakan untuk
menilai pengetahuan siswa adalah sebagai berikut :
a.
Jodohkanlah
mufrodat yang ada dibawah ini!
قرأ
كتاب
نزل
تعلّم
|
A
B
C
D
|
قد .... القرآن الكريم على مرحلتين
القرآن الكريم.... الله تعلى
خيركم من .... القرآن الكريم وعلمة
من... حرفا من كتاب الله فله به حسنة
|
1
2
3
4
|
b.
Buatlah
karangan tentang perayaan peristiwa نزول القرآن yang ada
dilingkungannya.
3.
Kunci
dan Pedoman Penskoran
Kunci Jawaban Tes Tertulis
1.
C
2.
B
3.
D
4.
A
Pedoman Penskoran
a.
Jumlah
benar x 25 = .....
b.
Membuat
karangan
No
|
Indikator
|
Butir Soal
|
1.
|
Tidak
menyontek ketika mengerjakan tugas.
|
1 – 4
|
2.
|
Menulis setiap kata, frase dan kalimat dengan baik dan benar.
|
4 – 8
|
3.
|
Menggunakan kata, frasa dan kalimat sesuai kaidah yang bahasa Arab.
|
4 – 8
|
Jumlah Skor
Penilaian
|
20
20 x 5 = 100
|
Pekalongan,
24 Mei 2016
Mengetahui,
Kepala
MTs Al Munawarah Guru Mata
Pelajaran
................................
..................................
NIP NIP
NIP NIP
No comments:
Post a Comment