Wednesday, November 23, 2016

Sensasi dan Persepsi


A.      Pengertian Persepsi
Persepsi adalah suatu proses pemberian arti atau makna terhadap lingkungan. Dalam hal ini persepsi mecakup penafsiran obyek, penerimaan stimulus (Input), pengorganisasian stimulus, dan penafsiran terhadap stimulus yang telah diorganisasikan dengan cara mempengaruhi perilaku dan pembentukan sikap.

B.        Jenis – jenis Persepsi
1.       Persepsi Visual
Persepsi visual didapatkan dari indera penglihatan.Persepsi ini adalah persepsi yang paling awal berkembang pada bayi, dan mempengaruhi bayi dan balita untuk memahami dunianya, Persepsi visual merupakan topik utama dari bahasan persepsi secara umum.
2.       Persepsi Auditori
Didapatkan dari indera pendengaran yaitu telinga.
3.       Persepsi perabaan
Didapatkan dari indera taktil yaitu kulit.
4.       Persepsi penciuman atau olfaktori
Didapatkan dari indera penciuman yaitu hidung.
5.       Persepsi pengecapan atau rasa
Didapatkan dari indera pengecapan yaitu lidah.
6.       Persepsi Kedalaman
Merupakan kemampuan indera penglihatan untuk mengindera ruang. Penginderaan ruang merupakan penghayatan yang menyeluruh, bukan merupakan penginderaan visual saja.
7.       Persepsi Gerak
Terdapat dua macam :
Gerak yang tampak : gerak mungkin pula dihayati tanpa adanya suatu pola stimulasi yang bergerak. Contoh dari gerak yang tampak seperti ini , yang kita kenal sebagai dasar pembuatan film hidup, diacu sebagai gerak stroboskopik. Bayangan gerak terjadi bila stimulus yang terpisah dan yang tidak bergerak disajikan secara berturut-turut.
Gerakan nyata : persepsi tentang gerak yang lebih kompleks, gerak ini tergantung dari hubungan antara setiap objek dalam medan penglihatan dengan tafsiran kita tentang hubungan ini. Hasil penelitian menunjukkan, kita cenderung beranggapan bahwa objek yang besar tidak bergerak dan objek yang kecillah yang bergerak.

C.      Proses terjadinya persepsi



D.     Syarat terjadinya persepsi
Objek Persepsi
Objek yang dapat dipersepsi adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan sekaligus manusia sendiri. Orang yang menjadikan dirinya sebagai objek persepsi di sebut self perception. Objek persepsi ada dua yaitu : Berobjek Manusia disebut person perception (personal perception) dan Berobjek Non Manusia disebut social perception (thing perception). Perhatian
Perhatian merupakan syarat pesikologis dalam individu mengadakan persepsi, yang merupakan langkah persiapan, yaitu adanya kesediaan individu untuk mengadakan persepsi. Perhatian merupakan pemusatan atau konsentrasi dari seluruh aktivitas individu yang di tunjukan dalam suatu objek atau sekumpulan objek.

E.       Gangguan persepsi
Ø  Ilusi merupakan kesalahan dalam persepsi, yaitu memperoleh kesan yang salah mengenai fakta-fakta objektif yang disajikan oleh alat-alat indera kita.Contoh ilusi: Bayangan daun dilihatnya seperti bayangan seorang penjahat dan Bunyi angin terdengar seperti memanggil namanya.
Ø  Depersonalisasi merupakan perasaan aneh tentang dirinya atau perasaan bahwa pribadinya sudah tidak seperti biasa lagi, tidak menurut kenyataan. Contoh : Rasanya seperti sudah di luar badanya

F.        Pengertian sensasi
Sensasi (sensation) berasal dari kata latin “sensatus” yang berarti di anugrahi dengan indera atau intelek. Secara lebih luas sensasi dapat diartikan sebagai aspek kesadaran yang paling sederhana yang dihasilkan oleh indera kita. sensasi lebih berkonotasi pada sebuah hubungan dengan perasaan (tetapi bukan dengan emosi), sedangkan persepsi lebih berhubungan dengan kognisi. Sensasi sering di gunakan dalam sinonim dengan kesan inderawi.


No comments:

Post a Comment