Monday, November 28, 2016

Kebebasan Tangggung Jawab dan Hati Nurani


A.    Kebebasan
Menurut bahasa kebebasan adalah kemerdekaan, hal tidak terikat, tidak terganggu, tidak diwajibkan. Sedangkan menurut istilah adalah tidak berada dibawah paksaan, tekanan atau kewajiban dan larangan dari pihak lain. Maka kebebasan adalah tanda dan ungkapan martabat manusia, karena kebebasan manusia adalah makhluk otonom, yang menentukan diri sendiri, yang dapat mengambil sikapnya sendiri.
Dilihat dari sifatnya, kebebasan dibagi menjadi tiga, yaitu pertama kebebasan jasmaniyah yaitu kebebasan dalam menggerakkan anggota badan yang kita miliki. Kedua kebebasan rohaniah yaitu kebebasan untuk menghendaki sesuatu. Dan ketiga kebebasan moral yang dalam arti luas berarti tidak ada macam – macam ancaman, tekanan, larangan dan lain desakan yang tidak sampai paksaan fisik dan dalam arti sempit berarti tidak adanya kewajiban yaitu kebebasan berbuat apabila terdapat kemungkinan berbuat untuk bertindak.

B.     Tanggung Jawab
Sikap moral yang dewasa adalah sikap tanggungjawab. Tak mungkin ada tanggungjawab tanpa ada kebebasan. Disinilah letak hubungan kebebasan dan tanggungjawab. Dalam kerangka tanggungjawab, kebebasan mengandung arti 1) Kemampuan utk menentukan dirinya sendiri. 2) kemampuan utk bertanggungjawab. 3) kedewasaan manusia. 4) keseluruhan kondisi yg memungkinan manusia melakukan tujuan hidupnya.
Dengan demikian tanggungjawab dalam kerangka akhlak adalah keyakinan bahwa tindakannya itu baik.
Selain itu tanggungjawab jg erat hbgannya dg hati nurani yg ada didlm diri manusia yg selalu menyuarakn kbnaran.

C.     Hati Nurani atau intuisi
Merupakan tempat dimana manusia dapat memperoleh saluran ilham dari Tuhan. Paham Intuisisme adalah paham yang mengatakan bahwa perbuatan yang baik adalah perbuatan yang sesuai dengan kata hati, sedangkan perbuatan yang buruk adalah perbuatan yang tidak sejalan dengan kata hati.
Ciri – ciri Hati Nurani :
a. Dapat memberi petunjuk & membimbing dari kemaksiatan
b. Dapat mendorongnya untuk menyempurnakan perbuatan yang baik dan perbuatan yang buruk

c. Dapat merasa gembira dan senang atau jika dia melakukan ksalahan dpt merasa kesal, sakit hati & pilu krn ksalahan itu.

No comments:

Post a Comment