Wednesday, November 2, 2016

Plato (Penerus Sokrates)


Ia murid sokrates, usianya 80 tahun dan menjadi murid sokrates sejak usia 20 tahun. Hobinya menulis dan menggambar (rapi dan teliti). Ia bangsawan dari Athena. Watak priyayi. Karena Socrates, plato terimbas tidak percaya dengan dewa – dewa, dia dipenjara sehingga sempat dijual sebagai budak lalu ditebus oleh adik kealsnya yang baik hati. Membunuh sokrates dan memenjarakn plato guna menyelamatkan rakyat. Plato hanya dipenjara karena ia hanya seorang murid kemudian dijual sebagai budak layaknya sapi. Ia merupakan santri yang potensif makanya ditebus, setelah itu dibuatkan sekolah filsafat namanya Akademia. Adik kelas Plato bernama Amikeris.
Usia 40 tahun Plato menjadi guru sampai meninggal. Pertama kalinya pemikiran filsafat yang dibukukan pada masa Plato karena ia suka menulis,mungkin setiap teorinya ia tulis namun Nama bukunya tidak ada yang tau.
Pemikiran Plato
1.       Teori tentang ide atau gagasan
Gagasan yang hanya ada didalam fikiran saja (lihat kursi => duduk). Lihat kursi kosong 1 dan orang tua berdiri, maka kita akan menyuruh orang tua tersebut duduk, ini merupakan ide. Kesimpulannya => ide bersifat positif
Contoh lain : saata terik matahari ada pohon ingin berteduh.
2.       Realita
a. Realita Indrawi
Realita yang didapatkan dari panca indra manusia dan sifat-sifatnya berubah-ubah. Contoh : Meja lama-kelamaan akan rusak. Pohon tumbuh => berkembang => tumbuh besar => mati.
Contoh :
        



  =>realita Indrawi.






   b.Realita Ideal
   Saat lingkaran dihapus,masih ada bayangan lingkaran itulah disebut realita ideal.
3.       Jiwa
Jiwa menurut plato ada dua hal Badan dan Ruh. Jiwa bisa mendapatkan kebahagiaan atau kebebasan saat memiliki ilmu pengetahuan. Orang bodoh adalah orang yang paling tersiksa didunia.
4.       Tentang negara
Negara yang baik adalah negara yang sejahtera rakyatnya. Ada 3 golongan :
·         Golongan atas => Filsuf, Pendeta, Ilmuwan.
·         Golongan menengah => Tentara, Pedagang
·         Golongan bawah => Karyawan dan Petani.


Golongan atas Filsuf karena gagasan-gagasan baru itu selalu muncul dari mereka.

No comments:

Post a Comment