Tuesday, March 7, 2017

Syiah


A.      Pengertian
       Syi’ah berasal dari kata syii’ah bentuk tunggal dari kata ini adalah syii’ii. Secara terminologi syiah bermakna mereka yang mnyatakan bahwa Ali sangat utama diantara para sahabat dan lebih berhak untuk memegang tampuk kepemimpinan kaum muslimin, demikian pula anak cucu sepeninggalan beliau. Syiah adalah salah satu aliran atau mazhab dalam islam yang mengikuti islam sesuai yang diajarkan Nabi. Syiah menolak kepemimpinan dari tiga khalifah

B.    Sejarah Munculnya
Syiah sudah ada sejak zaman nabi, namun syiah zaman nabi yaitu syiah yang mencintai keluarga nabi. Syiah sekarang banyak sekte yang ekstrim salah satunya yang paling ektrim ada sekte yang mengatakan “Ali adalah titisan Tuhan”.
Saat nabi meninggal para sahabat justru berkumpul mencari pengganti kpemimpinan, karena jika tidak ada pmimpin yang menggantikan nabi, maka akan trjadi prtumphan darah saat pemakaman nabi.
Kaum syiah berpandangan bahwa pemimpin agama dan pemerintahan pengganti nabi yang layak adalah keturunan nabi sendiri. Disebabkan tidak ada keturunan nabi yang laki – laki dewasa, maka posisi tersebut turun kepada Ali. Oleh sebab itu, dalam pandangan syiah yang berhak menjadi khalifah adalah Ali bukan Abu bakar, Umar ataupun Utsman.
C.      Ajaran Pokok
1.  Imamah
Syiah menyebut pemimpin itu imam, bukan khalifah. Maka bagi syiah imam bukan hanya berfungsi sebagai pemimpin politik, tapi juga pemimpin agama. Imam mempunyai otoritas untuk menafsirkan kehendak Allah dalam bentuk hukum syariat krna imam mendapat ilham dan petunjuk dari Allah.
2.  ‘Ishmah
Bagi syiah, sebagaimana Nabi, para imam juga mempunyai kedudukan ma’shum (terpelihara dari lupa dan tersalah). Mereka telah dipelihara dan dijamin oleh Allah tidak melakukan kesalahan itu tidak menimbulkan dosa.
3.  Asyura
Memperingati hari ke10 blan Muharram, sbg hari berkabung atas wafatnya imam husein bin Ali yang terbunuh dipadang karbala. Diklangan syiah disebut dengan upacara raudhah–khani, semacam itu prosesi gabungan dari khotbah, pembacaan sajak, ayat – ayat qur’an & pertunjukan drama yang melukiskan kehidupan imam yang menyedihkan khususnya Husein.
4.    Mahdawiyah
Datangnya juru keselamatan diakhir zaman guna menyelamaatkan kehidupan manusia, yaitu tentang kedatangan Imam Mahdi yang diyakini syiah imam ke 12.
5.    Al – Bada’
Keyakinan bahwa Allah dapat mengubah  atau membatalkan ketentuan yang sudah ditetapkan Nya mengubahnya dengan ketentuan Nya.
6.    Taqiyah
Sikap berhati – hati demi menjaga keselamatan jiwa karena khawatir bahaya mengancam dengan menyembunyikan identitas. Dalam keyakinan syiah seseorang boleh menyembunyikan keyakinan agamanya. Hal itu dapat dilakukan bila ia menghadapi keadaan yang diperkirakan mungkin akan menimbulkan bahaya bagi dirinya.
D.     Sekte – sekte
1.       Syiah Itsna ‘Asyariyah
Syiah ini mengakui 12 imam, dari Ali sampai Muhammad al Muntazar. Imam ke 12 sewaktu kecil hilang, sedangkan dia tidak mempunyai keturunan. Aliran ini meyakini bahwa imam ke 12 akan kembali dan bertindak sebagai imam Mahdi yang akan langsung memimpin umat. Imam ke 12 disebut dengan imam Mustatir (Imam yang tersembunyi) atau Imam Muntazar (imam yang di tunggu).
2.       Syiah Isma’iliyah
Ismail putra pertama dari imam keenam, sedangkan putra kedua bernama Musa Al Kazim. Sejarah mencatat bahwa ismail wafat dulu dari ayahnya. Maka kedudukannya digantikan adiknya. Paham ini di tolak sebagian pengikut syiah yang tetap mengakui ismail sebagai imam ketujuh. Aliran ini kemudian disebut syiah isma’iliyah atau syiah sab’iyah.
3.       Syiah Zidiyah
       Menurut syiah ini, imam – imam berhenti pada Zaid, tidak terus ke Muhammad al Baqir

No comments:

Post a Comment