Sunday, October 2, 2016

Filsafat


Secara bahasa berasal dari bahasa Yunani yaitu Philos artinya mncari/ pecinta dan Shopia artinya kbijaksanaan/ pngetahuan. Secara istilah yaitu ilmu yng membicarakan realita-realita sampai titik* terdalam (Metode, sistematis dan koheren). Metode yaitu cra untk mlakukn sebuah sistem. Sistematis yaitu proses. Dan koheren adalah hubungan antara metode dan sistematis.
Awal dimulai filsafat pd seseorang yaitu saat seseorang bertanya*. Ahli filsafat disebut Filsuf.
# Objek filsafat
1.   Objek material (sesuatu yang diselidiki)
2.  Objek formal (Bahan penyelidikan) => psikologi (Kejiwaan), antropologi (budaya) , sosiologi (interaksi orlin)
Contoh : ada ssorang yang meninggal dijalan raya telanjang. Dianalisis scra psikologi dia orang yang baik dan rajin. Scr antropologi dia anak yg sederhana. Scr sosiologi dia anak yang bisa beradaptasi dg baik. Kesimpulannya dia ank baik.
# Beda filsafat dengan ilmu dan agama
Pembahasan filsafat secara keseluruhan aspek sdangkan pembahasan ilmu hanya satu aspek saja. Ilmu akn mnemui titik temu dg filsafat jika ilmu menjadi bagian dari filsafat.
Filsafat berfikir rasional utk mendapatkan realita sdangkn agama tergantung pada wahyu ilahi. Jadi sifatnya antara wahyu dg rasio terkadang akan bertentangan. Namun terkadang menemui titik temu.
# Ciri-ciri pemikiran filsafat
1.   Komprehensif (menyeluruh)
2.  Spikulatif (pilihan)
Semua pemikiran yang muncul merupakan hasil pertimbangan antara ya atau tidak.
3.  Radikal (mendasar)
Contoh : permasalahan pertama, kenapa gadis itu bisa telanjang, kenapa gadis itu bisa tergeletak dg keadaan motor hilang.. dll
4.  Continue (konsisten)
Saat berfikir jangan pernah berhenti krna jika berhenti tidak akan mendapatkan sebuah realita.

No comments:

Post a Comment