Sunday, October 9, 2016

Prasokrates


Prasokrates bermula dari kemenangan akal atas mite – mite atau dongeng – dongeng  tentang dewa – dewa dan sebagainya. Contoh : Bianglala, yang dulu mitos sekarang terkalahkan oleh akal yaitu berasal dari pantulan sinar matahari. Dulu dipercaya sebagai tempat bidadari sekarang pelangi.
Tokoh pemikiran prasokrates
1.Thales
Seorang saudagar pengelana yang salah satu negara dikunjunginya Mesir yang terdekat dg Yunani. Ia juga politikus yang berasal dari melatos (kampung Yunani).  Ia disiplin, kurang setia, selalu menang dengan cara apapun dan perenung. Suatu hari dia merenung memandang keatas sambil berjalan, kemudian terperosok lalu nenek berkata “Kamu selalu memikirkan yang diatas sampai lupa yang dibawah, sesungguhnya semuanya tercipta dari air”. Dari situlah ia kemudian megatakan bahwa “Semua yang ada di alam itu berasal dri air”. Ia dijukuli Bapak filsuf pertama. Karyanya belum sempat dibukukan hanya dari mulut kemulut. Contohnya manusia tercipta dari air mani, tidak bisa tumbuh jika tidak ada air dan berkembang dengan air. Makhluk hidup lain juga tidak bisa hidup tanpa air.
2.Anaximandros
Ia berasal dari melatos. Muridnya thales, 15 tahun lebih muda namun ia meninggal terlebih dahulu. Ia ahli astronomi dan ahli bumi. Ia lebih terkenal dari gurunya. Karakternya lebih bagus dari gurunya. Setiap kali saya minum air tidak bisa menjadi makhluk hidup baru maka makhluk hidup itu berasal dari partikel – partikel kecil, sanggahan anaximandros saat pemikiran dari gurunya. Pemikirannya “Alam ini berasal dari unsur yang lebih kecil dari air (Apoiron). Segala sesuatu yang tampak oleh indra pasti ada akhirnya (karena ia filsuf maka tidak percaya dengan mitos).
3.Anaximanes
Ia merupakan filsuf trakhir melatos karena romawi jatuh di tangan Persia, melatos dari romawi maka hancurnya melatos karena hancurnya romawi termasuk filsuf – filsuf dari milatos.  Murid dari anaximandros. Pemikirannya “Alam ini berasal dari udara” karena manusia yang meninggal dunia itu tanpa udara.


Raja zulius kaisar pemimpin Romawi yang dijuluki Singa daratan Eropa karena ia menjajah seluruh negara yang dilewatinya. Selama ini zulius tidak pernah kalah kemudian ia ingin menjadikan arab sebagai kerajaan romawi. Ia membawa pasukannya, sampai di Mesir (Iskandariyah) terjadi dialog antara zulius dg ratu Persia (Cleopatra). Salah satunya terjadi kesepakatan untuk menikah. Setelah menikah Cleopatra menyuruh zulis membunuh pasukan. Zulius menuruti Cleopatra kemudian ia kehilangan segalanya termasuk kerajaan romawi. Dari sinilah awal masuknya pemikiran filsafat islam.

Tambahan
Pythagoras

Manusia berasal dari tuhan yaitu ketika berbuat kebjikan. Ketika orang tua mngalah demi anak mka kau akan temukan Tuhan darinya. Manusia dilahirkan dari manusia. Manusia tidak dapat terlepas dari angka.

No comments:

Post a Comment