Thursday, October 27, 2016

Sokrates


Sokrates adalah putra Athena, berasal dari Yunani, ia mantan politikus dan negarawan serta relawan perang saat 15 tahun. Ayahnya seorang pemahat patung dan ibuya seorang bidan bayi. Genetikal dari orangtuanya itu maka ia pandai berimajinasi. Selain itu ia juga pandai membentuk watak & karakter seseorang serta pandai mengurai permasalahan. Ia pernah terlibat wajib militer setelah lulus SMA selama 2 tahun.
Namun akhirnya sokrates menentang krajaan dan manafikan (menentang) dewa – dewa (Zeus, Aries, Apollo, Caesar). Oleh karena itu sokrates diberi hukuman mati dengan cara menenggak racun. Karena ia seorang guru, jika akan dihukum pancung itu merupakan aib. Pemikiran sokrates :
1. Mengajak berfikir induktif
Mengurai permasalahn dengan cara bertanya dan bertanya dengan induktif (semakin mendalam dan mendalam). Berfikir dari umum ke khusus dengan cara bertanya dan bertanya sampai mencapai realita. Deduksi (observasi, pencatatan,survei dan analisis) => hasil.
2. Tentang kesalehan seseorang
a. Tujuan hidup seseorang untuk mencapai kebahagiaan
Banyak orang kaya bunuh diri sedangkan orang miskin tersenyum bahagia maka sokrates menyimpulkan jika tujuan hidup seseorang hanya untuk mencapai kebahagiaan.
b. Kebahagiaan diperoleh dengan keutamaan (harga diri) disebut Arate.
Contoh :
Ada orang kaya yang baru keluar dari penjara dan pertama kali keluar ke masyarakat, orang itu banyak diperbincangkan karena ia tidak mempunyai keutamaan.
Keutamaan diperoleh dengan pengetahuan.

No comments:

Post a Comment