Wednesday, January 18, 2017

Filsafat Islam Masuk Indonesia


Munculnya filsafat Yunani kedua islam ada beberapa cara :
1. Penerjemah buku-buku plato dalam bahasa Arab seperti yang dilakukan oleh Assyatha’i judul Sopliste dan An-nawamis judulnya Les Lois.
2. Melalui penyebaran pandangan Plato yang dibawa pelajar Syiria dan Mesir
3. Melalui para filsuf Iskandariyah, Diantaranya Philon dan Plotinus.

Syiria menjadi pelabuhan utama pemikiran-pemikira barat yang masuk kedunia islam.
Perkembangan filsafat islam diIndonesia dari arab melalui  India, karena pada saat itu Muawwiyah bin Abu Sofyan setelah saat perang siffin terjadi sebuah peristiwa yang ditentukan benar salahnya oleh hakim dan dinyatakan yang salah Hasan dan Husein dan kemudian kepala salah satu dari mereka dipenggal. Kemudian Muawwiyah menjadi raja dan pusat pemerintahan dipindah ke Damaskus (Syiria). Ia orang yang galak dan selalu mengadakan ekspansi-ekspansi, saat ada orang yang menolak islam diwilayah ekspansinya maka ia menyuruh langsung membunuh orang tersebut. Kemudian setelah sampai India (perbatasan pakistan) maka islam masuk Indonesia.
Filsafat islam masuk Indonesia dipengaruhi budaya seperti wayang, ludruk, reog. Itu adalah mereka yang memasukkan pemikiran filsafat melalui budaya. Setelah pemikiran filsafat masuk Indonesia ada dua aliran yaitu
1.        Ghozalisme, orang-orang sufi
Mereka yang mengikuti pemikiran imam Al-Ghazali baik fikih maupun tasawuf. Orang yang hanya mengikuti fikih saja maka Fasik. Dan orang yang hanya mengikuti tasawuf saja maka Kafir sidiq. Orang yang hanya mengikuti tasawuf seperti orang shalat tanpa wudu. Tokohnya  Nuruddin al-Raniri, Abdurrauf al-Singkeli, Yusuf Makassari.
2.        Ibnu arabisme 

Golongan orang sufi dengan model filsafat. Sufinya dipengaruhi Filsafat. Contoh : Syekh siti jenar, Hamzah al-Fansuri dan al-Sumatrani.

No comments:

Post a Comment